Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 07 Sep 2018 - 17:23:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Mulai Jinak, Gubernur BI: Ini Karunia Allah

95Perry-Warjiyo.jpeg.jpeg
Perry Warjiyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku bersyukur nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) mulai menguat, dan meninggalkan level Rp 14.900-an.

"Ini karunia Allah untuk kita, rupiahnya stabil dan menguat," kata Perry di Gedung BI, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).

Selain itu, dia menjelaskan pemerintah juga melakukan sejumlah langkah untuk upaya stabilisasi nilai tukar rupiah. Saat ini kebijakan B20 sudah diimplementasikan, kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga sudah mengumumkan pembatasan barang impor.Lalu sejumlah langkah terkait pariwisata sudah dilakukan.

"Karena hal-hal itu akan mendukung stabilitas nilai tukar rupiah ke depan," kata Perry.

Ia mengapresiasi pengusaha yang mempunyai hasil devisa dan valuta asing untuk menjual valasnya. Hal ini disebut akan menambah pasokan valas di pasar.

"Di pasar dua hari ini supply demand berlangsung baik, ini adalah bagian penting mengenai nilai tukar yang stabil," jelas dia.

Kemudian, langkah ketiga, BI terus memfokuskan diri untuk menjaga nilai tukar rupiah dengan sejumlah langkah yang dilakukan.

Saat ini dengan bertambahnya supply dan mekanisme pasar yang makin kuat di pasar diharapkan bisa terus mendorong penguatan nilai tukar rupiah.

Dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) dolar AS tercatat Rp 14.884 dari hari sebelumnya Rp 14.891. Kemudian dari data perdagangan Reuters dolar AS tercatat Rp 14.890.(yn)

tag: #bank-indonesia  #rupiah  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...