DPRD DKI: LRT Fase I Proyek Termahal di Dunia-Akhirat
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 14 Sep 2018 - 07:25:42 WIB

Bagikan Berita ini :

7214363_840x576.jpg.jpg
Sumber foto : Ist
Ilustrasi pembangunan LRT Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengusulkan pembentukan pantia khusus (Pansus) untuk mengawasi pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) fase kedua. 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengatakan, bahwa DPRD tidak mau kecolongan lagi seperti yang terjadi pada proyek LRT fase pertama.

Dia mengungkapkan, proyek fase pertama menelan dana yang sangat besar hingga mencapai sekitar Rp1 triliun per/km dengan total rute sepanjang 5,8 km atau total investasi sekitar Rp5,8 triliun.

"Itu menurut saya pembangunan (LRT fase pertama) termahal sedunia itu. Bahkan, dunia akhirat," kata Taufik, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Seperti diketahui, LRT dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan dua tahapan. Fase pertama dibangun sepanjang 5,8 km dengan rute Velodrome-Kelapa Gading. Sedangkan, tahap kedua rangkaian LRT ini akan tertuju ke Tanah Abang. 

Karenanya, Taufik menjelaskan, perlu dibentuk Pansus untuk mengawal, mendampingi, dan mengawasi setiap proses pembangunan fase kedua. 

Hal ini untuk mengurangi pembengkakan biaya seperti yang terjadi pada fase pertama. 

"Saya menyarankan ada Pansus. Saya sudah mengusulkan ke Ketua (DPRD) supaya ada Pansus LRT. Tapi, saya belum tahu perkembangannya, yang penting beberapa (anggota DPRD) sudah ada yang ngajuin pansus," ujarnya.

Dia pun mengingatkan agar pembangunan LRT fase kedua dapat melibatkan DPRD. Meski tidak terlibat secara teknis, namun DPRD perlu diberi tahu perkembangan terkait proyek LRT tersebut. 

DPRD juga akan ikut terlibat dalam kajian terkait skema pembiayaan, studi kelaikan, dan kredibilitas pihak pengembang.

Selain itu, lanjutnya, DPRD harus dilibatkan terkait penentuan lokasi dan rute LRT.

"Harus komunikasi dengan DPRD. Buktinya ini nih jadinya, fase pertama Kelapa Gading-Velodrome. Itu tempat main saya 15 menit naik sepeda sampai," ungkapnya. (Alf)

tag: #dprd-dki  #lrt  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING