Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 14 Sep 2018 - 07:25:42 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD DKI: LRT Fase I Proyek Termahal di Dunia-Akhirat

7214363_840x576.jpg.jpg
Ilustrasi pembangunan LRT Jakarta (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengusulkan pembentukan pantia khusus (Pansus) untuk mengawasi pembangunan kereta api ringan ataulight rail transit(LRT) fase kedua.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengatakan, bahwa DPRD tidak mau kecolongan lagi seperti yang terjadi pada proyekLRT fase pertama.

Dia mengungkapkan, proyek fase pertama menelan dana yang sangat besar hingga mencapai sekitar Rp1 triliun per/km dengan total rute sepanjang 5,8 km atau total investasi sekitar Rp5,8 triliun.

"Itu menurut saya pembangunan (LRT fase pertama) termahal sedunia itu. Bahkan, dunia akhirat," kata Taufik, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Seperti diketahui, LRT dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan dua tahapan. Fase pertama dibangun sepanjang 5,8 km dengan rute Velodrome-Kelapa Gading. Sedangkan, tahap kedua rangkaian LRT ini akan tertuju ke Tanah Abang.

Karenanya, Taufik menjelaskan, perlu dibentuk Pansus untuk mengawal, mendampingi, dan mengawasi setiap proses pembangunan fase kedua.

Hal ini untuk mengurangi pembengkakan biaya seperti yang terjadi pada fase pertama.

"Saya menyarankan ada Pansus. Saya sudah mengusulkan ke Ketua (DPRD) supaya ada Pansus LRT. Tapi, saya belum tahu perkembangannya, yang penting beberapa (anggota DPRD) sudah ada yangngajuinpansus," ujarnya.

Dia pun mengingatkan agar pembangunan LRT fase kedua dapat melibatkan DPRD. Meski tidak terlibat secara teknis, namun DPRD perlu diberi tahu perkembangan terkait proyek LRT tersebut.

DPRD juga akan ikut terlibat dalam kajian terkait skema pembiayaan, studi kelaikan, dan kredibilitas pihak pengembang.

Selain itu, lanjutnya, DPRD harus dilibatkan terkait penentuan lokasi dan rute LRT.

"Harus komunikasi dengan DPRD. Buktinya ini nih jadinya, fase pertama Kelapa Gading-Velodrome. Itu tempat main saya 15 menit naik sepeda sampai," ungkapnya. (Alf)

tag: #dprd-dki  #lrt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...