Berita
Oleh M. Anwar pada hari Jumat, 14 Sep 2018 - 08:29:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Terus Melemah, Hari Ini Aktivis KAMMI Akan Kepung Istana

72Kammi-Aksi.jpg.jpg
Aktivis KAMMI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Aliansi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) se-Jabodetabek akan mengelar demonstrasi besar-besaran di depan Istana Negara, Jum'at (14/09/2018).

Aksi ini akan diikuti oleh ratusan aktivis dan simparisan KAMMI gabungan dari berbagai kampus se-Jabodetabek.

Aksi parlemen jalanan ini dipicu oleh keprihatinan atas beberapa persoalan perekonomian yang mencuat pada beberapa minggu terakhir, terutama terkait pelemahan nilai tukar rupiah terhhadap dolar.

"Aksi besok (hari ini) akan diikuti kira-kira 200 sampai 300 kader dan simpatisan KAMMI yang berasal dari kampus-kampus se-Jabodetabek. Seperti UNJ, IPB, UIN dan yang lainya," tutur Kordinator Aksi, Ammar Multazim saat dihubungi TeropongSenayan, kamis malam (13/09/2018).

Ketua KAMMI Bogor ini menegaskan, bahwa organisasinya tidak bergabung dengan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (BEM PTAI), yang akan menggelar aksi serupa di depan Gedung DPR/MPR, Senayan Jakarta.

"Aksi KAMMI itu di depan Istana Negara dan tidak gabung dengan Aliansi BEM PTAI," kata Ammar.

Terpisah, Ketua Departemen Kebijakan Publik KAMMI Daerah Tangerang Selatan, Arsandi mengungkapkan, alasan pihaknya melakukan aksi turun ke jalan untuk menuntut pemerintah agar segera mengambil langkah cepat dan tepat menstabilkan Rupiah atas dollar.

"Sebab, jika rupiah terus melemah maka akan memicu terjadinya inflasi. Indonesia masih memiliki ketergantungan bahan baku impor yang cukup tinggi dan pelemahan rupiah juga dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap beban hutang luar negeri. Kami tidak akan tinggal diam," tegas Arsandi.

Demonstrasi yang akan dimulai dari Patung Kuda Arjuna Wijaya ini setidaknya memiliki empat tuntutan utama. Yaitu, stabilkan nilai tukar rupiah, turukan harga kebutuhan pokok, hentikan impor yang tidak diperlukan, dan lakukan swasembada pangan.

Untuk diketahui, Kurs rupiah terhadap dollar AS kembali melemah pada penutupan perdagangan Kamis (13/9/2018) kemarin.

Mengutip Bloomberg, kurs rupiah di pasar spot melemah tipis 0,05% ke level Rp 14.840 per dollar AS.

Sebaliknya, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia mengalami penguatan 0,46% ke level Rp 14.794 per dollar AS.(Alf)

tag: #kammi  #rupiah  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...