Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Senin, 27 Apr 2015 - 08:12:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Tegaskan Indonesia Tetap Jadi "Budak" IMF dan Bank Dunia

66imf-ist.jpeg
Logo IMF (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia tidak anti terhadap International Monetary Fund (IMF), Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), terkait pernyataannya pada pidato pembukaan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, Rabu (22/4/2015).

Dalam pidato tersebut, Jokowi banyak mengkritik sejumlah lembaga keuangan semisal IMF, Bank Dunia, ADB. Dia menyatakan bahwa setiap negara tidak boleh tergantung kepada lembaga keuangan tersebut karena hal itu bukan solusi untuk mengatasi permasalahan ekonomi.

"Siapa yang bilang anti, kita masih pinjam ke sana (lembaga keuangan internasional) kok. Siapa yang kritik, itu sebuah pandangan," elak Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Minggu (26/4/2015) sebelum bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk menghadiri KTT ASEAN.

Dia berdalih, pernyataan yang disampaikan di dalam acara KAA di Jakarta Convention Center saat itu hanya sebuah pandangan yang perlu didiskusikan lebih lanjut.

"Maksudnya, kedua lembaga keuangan dunia tersebut sebaiknya memberikan suntikan dana kepada negara yang membutuhkan, guna memberikan rangsangan untuk pertumbuhan ekonomi di negara yang membutuhkan dana," terang dia.

Menurutnya, melalui kerja sama negara selatan-selatan yang berlangsung pada pekan kemarin dalam Konferensi Asia Afrika yang berusia ke-60, negara-negara Asia dan Afrika wajib membangun tatanan ekonomi dunia baru yang terbuka bagi kekuatan-kekuatan dunia baru. (yn)

tag: #imf  #bank dunia  #pidato jokowi  #kaa ke-60  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement