Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 26 Sep 2018 - 23:17:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri Ekonomi Era Gus Dur: Infrastruktur Asal Bangun, Jokowi Tak Pikirkan Utang

37Jokowi-Infrastruktur-1068x705.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ekonom senior Kwik Kian Giemenyebut pembangunan infrastruktur era pemerintahan Jokowi dilakukan dengan asal-asalan.

Bahkan, kata dia, Jokowi tak peduli meskipun pembiayaan infrastruktur tersebut berasal dari utang.

"Yang sekarang dilakukan dan sudah berkali-kali saya katakan bahwa infrastruktur itu asal dibangun, sampai uangnya kurang pun tidak peduli, utang ke luar negeri," kata Kwik dalam diskusi di Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jl Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Kwik mengaku, sebelumnya sudah menyarankan pemerintah agar tak ngotot membangun infrastruktur. Sebab, hal itu akan berimbas salah satunya terhadap nilai dolar AS.

"Ketika utang ke luar negeri, saya juga sudah bilang sebelum menjadi penasihatnya Pak Prabowo, sudah mengatakan bahwa ini akan mengakibatkan pembayaran bunga dalam valuta asing, mengakibatkan permintaan dolar yang melonjak," ungkapMenteri Koordinator Ekonomi era Presiden Gus Dur(1999-2000) itu.

Kwik yang juga mantan Kepala Bappenas, menuturkan, pembangunan infrastruktur harus tepat guna dan tepat waktu.

Menurutnya, lembangunan tidak boleh tanpa memikirkan aspek manfaat dan waktu.

"Kebutuhan infrastruktur untuk negara yang sedemikian besar dan luas itu tidak asal membangun infrastruktur di mana saja. Infrastruktur itu dibangun di mana dan yang dibangun apa dan kapan," jelas Kwik.

"Kalau infrastruktur itu dibangun di tempat yang salah, berarti akan nganggur, padahal biayanya besar. Kalau infrastruktur itu dibangun terlampau pagi, tidak akan relevan untuk jangka waktu lama. Kalau dibangun terlampau terlambat, segala-galanya akan macet," sambungnya.

Kwik lantas menyebut, pemerintahan Jokowi saat ini sedang panik yang juga berimbas pada kepanikan masyarakat. Karena panik, banyak orang yang menukarkan rupiahnya ke dolar AS.

"Dan ternyata benar kan. Nah ketika benar, baru kelabakan, lalu menjalankan perpolitikan yang sifatnya panik. Oleh kerena panik, masyarakatnya ikut panik. Jadi uangnya nganggur rupiah pun dibelikan dolar, lebih parah lagi. Itu lah yang menyebabkan (nilai tukar dolar naik)," ujar Kwik. (Alf)

tag: #jokowi  #proyek-infrastruktur  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...