Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 27 Sep 2018 - 19:05:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Dianggap Caplok Lahan Gambut, Ribuan Orang Kepung PT SGC Lampung

79SGC-Lampung.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

TULANG BAWANG (TEROPONGSENAYAN)--Ribuan demonstran dari Kecamatan Gedungmeneng, Menggala, Dente Teladas, dan Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang (Tuba) mengepung PT Sugar Group Companies (SGC), Kamis (27/9/2018).

Massa yang tiba di lokasi pukul 10.15 WIB itu merangsek masuk areal perkantoran. Namun mereka tertahan gabungan petugas aparat keamanan dari TNI/ Polri dan satpam perusahaan.

Massa mengusung sebelas tuntutan. Yakni, meminta Presiden cq Menteri Agraria mencabut atau meninjau ulang hak guna usaha (HGU) bernomor 87/HGU/ KEM-ATR/BPN/2017 tentang Perpanjangan HGU PT SGC.

Perusahaan itu dinilai mencaplok lahan gambut dan pinggiran sungai Bawang Latak. SGC juga menghapus sepihak kepemilikan hak ulayat masyarakat adat di Kampung Ujung Gunung Ilir yang sekarang berubah menjadi Kampung Tiuh Tohow.

"SGC pun belum pernah memberikan corporate social responsibility (CSR) secara berkelanjutan kepada masyarakat di sekitar perusahaan,"ungkap Andika, koordinator lapangan demonstran dalam orasinya.

Andi mengatakan, masih banyak tanah masyarakat yang belum diganti rugi atau kompensasi. Padahal, perusahaan wajib memberikan perhatian kepada masyarakat.

"Kami juga meminta PT SGC menghentikan aktivitas pembakaran tebu dalam proses panen raya. Sebab, masyarakat terdampak debunya," tegas dia.

Satu jam berorasi, pihak SGC meminta perwakilan massa menyampaikan aspirasinya di hadapan manajemen perusahaan. Sejumlah perwakilan masuk, sedangkan yang lainnya tetap menunggu di portal pintu gerbang.

Sejumlah awak media yang ikut meliput aksi demontrasi belum mendapat keterangan resmi dari pihak perusahaan. Para pencari berita tidak diperkenankan melihat pertemuan itu.(yn)

tag: #lampung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...