Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Sabtu, 29 Sep 2018 - 18:17:21 WIB
Bagikan Berita ini :

BNPB Minta Bantuan PBB Identifikasi Kerusakan Gempa Palu

40mhq8ni4hgfioft0bfvvs.jpg.jpg
Sutopo Purwo Nugroho (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) —Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meminta bantuan PBB untuk bisa mengakses UN Sipder agar dapat memotret kondisi yang terjadi di Dongala, Palu.

“Banyak bangunan yang roboh sehingga untuk pendataan itu kami mengaktifasi untuk meminta citra satelit resolusi tinggi. Kami BNPB bersama LAPAN telah mengatifikasi dengan un spider untuk dapat mengakses citra satelit beresolusi tinggi,” ujar Topo dalam Konfersi Pers di BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Hal itu dilakukan agar kondisi di beberapa titik yang belum bisa dijangkau oleh para timsar untuk dapat diketahui tingkat kerusakannya.

“Kami khawatir dalam mengkirimkan beberapa koordinat sehingga nanti dari masyarakat internasional bisa memberikan bantuan terkait dengan citra satelit beresolusi tinggi sehingga menjadi bahan untuk analisis kami, dimana daerah-daerah yang paling terdampak,” jelas dia.

Dia juga berharap agar satelit tersebut dapat melewati daerah Palu dan sekitarnya.

“Mudah-mudahan ada satelit yang melintas di sekitar kota Palu dan Donggala sehingga kita bisa mendapat citra satelit beresolusi tinggi, artinya resolusi tinggi hitungannya sudah sentimeter mungkin kurang dari 10 sentimeter objek yang ada di permukaan bumi dapat difoto dari satelit,” paparnya.

"Kami juga belum dapat informasi apa yang terjadi di Kabupaten Donggala karena komunikasi masih putus,” tambanya.

Topo memperkirakan kerusakan yang terjadi di Kabupaten Donggala lebih parah ketimbang di Kota Palu.

“Kalau melihat itensitas gempa yang dirasakan di Kabupaten Donggala lebih besar (kerusakannya) dari pada di Kota Palu.Sehingga hipotesis dugaan kami bahwa kerusakan yang ada di Kota Donggala lebih parah,” ucap Topo. (Alf)

tag: #bnpb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...