Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 04 Okt 2018 - 14:55:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Hijrah ke PAN, Haji Lulung dan Riano Resmi Berhenti dari DPRD DKI

682919627444.jpg.jpg
Sidang Paripurna DPRD DKI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lima anggota DPRD DKI Jakartamengundurkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019. Salah satunya adalah Wakil Ketua DPRD DKI Abraham 'Lulung' Lunggana.

Mereka memilih mendaftar sebagai calon legislatif (Caleg) lewat partai politik yang berbeda pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Pengunduran diri kelima anggota DPRD DKI tersebut resmi diumumkan dalam rapat Paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

"Ini (mundur) sebagai syarat pendaftaran calon legislatif tahun 2019, Saudara Haji Lulung AL telah membuat surat pernyataan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD DKI masa jabatan 2014-2019 yang ditujukan kepada ketua DPRD DKI Jakarta pada 30 juli 2018 lalu," kata Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana.

"Karenanyalegdi partai yang lain, jadi sesuai dengan Peraturan KPU, mereka harus mengundurkan diri dan segera digantikan antar-waktu dengan yang lainnya," ucap Sani.

Pada Pileg 2014 lalu, Haji Lulung diketahui mendaftar sebagai Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga terpilih sebagai anggota DPRD DKI. Kini, dia memilih mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI lewat Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam daftar calon tetap (DCT) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Haji Lulung menjadi Caleg di daerah pemilihan DKI Jakarta 3 dengan nomor urut 1 dari PAN.

Selain Haji Lulung, anggota Fraksi PPP lainnya, Riano P Ahmad, juga mengundurkan diri. Riano juga mengikuti jejak Haji Lulung hijrah ke partai Mata Hari terbit.

Sama dengan Haji Lulung, Riano yang sebelumnya menjabat Ketua Komisi A DPRD DKI memilih hengkang dari partai Ka'bah lantaran menghindari stigma PPP sebagai partai pendukung penista Agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kini, dia menjadi Caleg DPRD DKI dari PAN di daerah pemilihan DKI Jakarta 1 yang meliputi wilayah Jakarta Pusat.

"Riano Ahmad, Fraksi PPP, mengundurkan diri dari anggota DPRD DKI per tanggal 14 Agustus 2018," kata Sani, sapaan Triwisaksana.

Sedangkan tiga anggota DPRD DKI lainnya yakni anggota Fraksi Partai Hanura Wahyu Dewanto yang mengundurkan diri pada 27 Juli 2018, anggota Fraksi Hanura Jamaluddin Lamanda mengundurkan diri pada 30 Juli, dan anggota Fraksi Partai Nasdem Inggard Joshua yang mengundurkan diri pada 30 Juli.

Wahyu dan Inggard sama-sama terdaftar sebagai Caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra. Sementara Jamaluddin memutuskan pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DKI pada Pileg 2019.

Sani menjelaskan, pengganti kelima anggota DPRD DKI yang mengundurkan diri akan diisi oleh Caleg pada 2014 yang memiliki suara terbanyak setelah mereka.

Nantinya, DPRD DKI akan mengirimkan surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta untuk mendapatkan nama-nama pengganti.

"Setelah ini, kami akan berkirim surat ke KPUD agar memberikan nama penggantinya. Jadi, urutan suara terbanyak berikutnya setelah mereka ini sesuai dengan fraksi atau partainya masing-masing," kata Sani. (Alf)

tag: #dprd-dki  #haji-lulung  #ppp  #partai-amanat-nasional  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Nikmati THR Full, PSI ke TGUPP DKI: Mereka Bekerja Tidak Bersentuhan Langsung ke Masyarakat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menyayangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memangkas tunjangan hari raya Tim Gubernur Untuk ...
Jakarta

Halau Pemudik, 11 Titik di perbatasan Jabodetabek Disekat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Sigit Irfansyah mengatakan, penyekatan arus balik pemudik secara ketat dilakukan sejak Selasa ...