Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Rabu, 10 Okt 2018 - 11:14:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Okky: Pemerintah Harus Perjuangkan Hijab di Pentas Olah Raga

73okky.jpg
Anggota Komisi IX DPR RI, Okky Asokawati (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi IX DPR RI, Okky Asokawati mengapresiasi sikap Miftahul Jannah yang enggan melepas jilbabnya saat bertanding Judo dalam Asian Para Games.

Menurutnya, sikap Miftahul ini erat dengan keyakinan soal batasan aurat bagi seorang muslimah.

"Sikap ini harus dihargai sebagai bentuk penghargaan terhadap hak azasinya yang dilandasi atas keyakinan keagamaannya," kata Okky di Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Okky pun menjelaskan, aturan soal atlit Judo agar melepas atribut seperti jilbab saat bertanding juga merupakan aturan yang telah muncul sejak tahun 2012, oleh organisasi olah raga judo internasional.

"Ini fakta yang harus kita ketahui juga," ujarnya.

Atas hal tersebut, Politikus Nasdem ini mengusulkan agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Asosiasi Olah raga Judo untuk memperjuangkan penggunaan jilbab dalam pertandingan Judo.

Upaya ini juga memberi pesan ke dunia internasional, bahwa perempuan berjilbab sama sekali tidak membatasi aktivitasnya di ruang publik.

"Soal teknis desain jilbab yang adaptif bagi atltit Judo dapat mengundang desainer busana muslim dari ndonesia yang memamg telah menjadi kiblat fashion muslim dunia," tuturnya.

"Momentum ini dapat juga dimanfaatkan pemerintah untuk mempromosikan karya kreatif anak muda Indonesia dalam hal fashion muslimah di kancah dunia internasional khususnya terkait olahraga ini," paparnya. (plt)

tag: #komisi-ix  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement