Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Jumat, 12 Okt 2018 - 19:14:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilpres 2019, Rakyat Tak Pilih 'Kucing Dalam Karung'

97saidiman.jpeg
Pengamat Politik SMRC Saidiman Ahmad (nomor satu dari kanan) mengatakan Pilpres 2019 akan berbeda dengan 2014 walaupun dengan capres yang sama, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (Sumber foto : amelinda zaneta-teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kendati menawarkan capres yang sama, namun Pilpres 2019 bakal berbeda dengan 2014. Pada Pilpres 2019, rakyat tidak memilih 'kucing dalam karung'

Pengamat Politik SMRC Saidiman Ahmad mengatakan Pilpres 2019 akan berbeda dengan 2014 walaupun dengan capres yang sama, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

“Menurut saya 2019 itu akan berbeda dengan 2014,” ujarnya dalam diskusi ‘Buzzer politik disosmed efektifkah?’ di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Saidiman menjelaskan, pada Pilpres 2014 Jokowi dan Prabowo belum mempunyai rekam jejak sebagai elite politik di pemerintahan.

“Pada 2014 itu publik meraba-raba antara kedua calon itu. Jokowi waktu itu bukan siapa-siapa, dia orang baru dalam elite politik ini. Prabowo juga demikian dia tidak punya rekam jejak di dalam pemerintahan,” paparnya.

Pada Pilpres 2014, lanjut Saidiman, rakyat seperti membeli kucing dalam karung. Hal tersebut tidak terjadi pada Pilpres 2019. Pada pilpres tahun depan, rakyat tidak akan memilih kucing dalam karung. Sebab, pada Pilpres 2019 memunculkan Jokowi, yang menjadi capres petahana.

“Faktor petahana itu sangat penting. Orang bisa menilai apakah pemerintah ini berjalan baik atau tidak. Kalau petahana dinilai buruk, oposisi diuntungkan, begitu sebaliknya,” jelas Dia.

Pada bagian lain, Saidiman mengatakan, para pemilih di Indonesia sudah cerdas dalam menentukan pilihannya.

“Kian hari masyarakat kita ini semakin cerdas dan semakin rasional di dalam pilhan politiknya,” tuturnya. (plt)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...