Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 15 Okt 2018 - 14:48:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Tim Dokling Prabowo-Sandi Rawat Masyarakat Pesisir Pantai Donggala

42IMG-20181015-WA0024.jpg.jpg
Tim Satuan Tugas Dokter Keliling (Dokling) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menyapa para pengungsi di pelosok Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (14/10/2018) kemarin. (Sumber foto : Ist)

DONGGALA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Satuan Tugas Dokter Keliling Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melakukan penyisiran di pelosok Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sejak Minggu (14/10/2018) kemarin.

Tim Leader Satgas Dokling Prabowo-Sandi, Adio Nugroho mengatakan, pihaknya kembali berkeliling mendatangi posko pengungsi di Donggala dan sekaligus mengunjungi Desa Enu, Kecamatan Sindue, dari mulai dusun tiga hingga dusun satu.

Para pengungsi di desa tersebut berasal dari bawah atau bibir pantai pada titik terakhir terdampak gempa dan tsunami.

"Salah seorang pengungsi yang merupakan ibu dari wakil Bupati Donggala Mohammad Yasin menyampaikan bahwa tim dokling adalah tim kesehatan pertama yang mengunjungi posko pengungsian tersebut," kata Adio di Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (15/10/2018).

Adio menyampaikan, warga di dusun satu sangat antusias menyambut kehadiran dari Tim Dokling Prabowo-Sandi. Dari mulai jumlah warga yang datang dan memeriksakan dirinya hingga salah satu warga dengan sengaja memanjat pohon kelapa.

"Tim dokling juga disuguhi kelapa muda oleh para pengungsi yang memanjat pohon kelapa yang terdapat di lokasi," ujarnya.

Selain itu, saat meninjau dusun Pandake yang berada tak jauh dari dusun satu dan dusun tiga, tim bertemu dengan relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan tim berkolaborasi dengan relawan tersebut terutama dalam kegiatan trauma healing.

Adio mengatakan, para relawan mengajak anak-anak pengungsi untuk bermain dan bernyanyi dalam rangka pemulihan trauma pasca gempa bumi dan tsunami.

"Tim membuat permainan sederhana yang membuat para pengungsi senang," ucap dia.

Salah seorang warga Palu yang juga penanggung jawab Tim Dokling Prabowo-Sandi Sulawesi Tengah, Abdul mengatakan, bantuan dari tenaga medis sangat diperlukan karena sudah mulai banyak pengungsi yang menurun kesehatannya.

Ditambah, dari hasil survei bahwa tim dokling adalah tim kesehatan yang pertama turun ke posko-posko untuk memeriksa kesehatan dan memberikan obat gratis serta trauma healing bagi para pengungsi.

"Posko demi posko yang telah kita lalui selama 7 hari rata-rata menyatakan bahwa tim dokling adalah relawan kesehatan yang pertama kali berkunjung ke pengungsian mereka" tuturnya. (Alf)

tag: #prabowosandiaga  #gempa-bumi  #tsunami  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...
Berita

Nurhayati Effendi Berharap Hubungan Buruh dengan Pengusaha Makin Harmonis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi berharap hubungan harmonis antara pekerja dengan pengusaha dapat terwujud pada momen peringatan Hari Buruh Nasional atau May Day ...