Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Senin, 15 Okt 2018 - 20:50:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri Sebut Mobil Esemka Akan Kembali Digorengan pada Pilpres 2019

11jokowi-dan-mobil-esemka.jpg.jpg
Jokowi (jongkok) saat masih menjabat Wali Kota Solo memarken mobil Esemka jenis sport utility vehicle SUV, Klaten, Solo, Senin (2/1/2012). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) —Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mempertanyakan keberlangsungan produksi mobil Esemka.

Pasalnya, sejak 2009 mobil yang diklaim buatan anak negeri tersebut belum juga diproduksi massal.

Ia pun memprediksi, mobil Esemkayang pertama kali dipopulerkan Jokowi itu akan kembali menjadi mainan isu menarik pada kontestasi Pilpres 2019.

Hal tersebut merujuk pada setiap kali Jokowi hendak 'berangkat' mencalonkan diri di setiap kontestasi Pemilu, mulai dari Walikota Solo, Gubernur DKI hingga Pilpres 2014 silam.

“Saya terus terang, ini soal (mobil) Esemka akan menjadi permainan lagi di Pilpres,” ujar Fahri di Komplek Parlemen, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018).

Bahkan, Fahri meragukan jika mobil tersebut benar-benar diproduksi di Indonesia sebagaimana pengakuanmantan Walikota Solo itu.

“Itu sebenarnya ada tidak mobilnya sih? Soalnya industri otomotif itu kompleks dan sangat ketat,” ucap Fahri penasaran.

Lebih jauh, Fahri juga mempertanyakan sikap Jokowi yang sebelumnya sedemikian gencar mempopulerkan mobil Esemka, tetapi berbanding terbalik dengan fakta di lapangan.

“Sejak beliau (Jokowi) di DKI itu saya juga sudah minta dijelasin itu (Esemka), sama juga kenapa kita perlu membeli Bus Way sebanyak itu dari luar negeri? Padahal, kita punya industri awal, yang kita percaya, yang waktu itu Pak Jokowi bilang dari Solo ke Jakarta bisa naik mobil itu,” paparnya.

Bahkan, Fahri mengaku mulai ragu terkait kebenaran dan keberadaan mobil Esemka tersebut.

“Itu Esemka nanti itu akan diinvestigasi orang nanti, bener gak barang itu pernah ada?, saya curiga itu barang gak ada sebenarnya, sama dengan betul gak Presiden itu pernah nonton games of thrones itu,?” ucap Fahri.

Diketahui, masih segar dalam ingatan publik ketika mobil Esemka buatan Indonesia itu melambungkan nama Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo hingga menang Pilpres 2014.

Esemka mulai tenar di seluruh pelosok Indonesia saat Jokowimemilih mobil tersebut sebagai mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo pada Januari 2012 silam. (Alf)

tag: #mobil-esemka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...