Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 13 Sep 2019 - 17:04:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Golkar: Mendukung Mobil Esemka, Membela Produk Dalam Negeri

tscom_news_photo_1568369094.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peresmian mobil Esemka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Airlangga Hartartopekan lalu mendapat respon yang positif dari berbagai kalangan. Proyek Mobil Esemka merupakan karya anak bangsa yang patut kita dukung. Mendukung Mobil Esemka sama dengan membela produk dalam negeri, kata Dito Ganinduto, Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Partai Golkar.

Kehadiran mobil Esemka diharapkan memberikan stimulus yang bisa menggerakkan perekonomian nasional. Juga dapat memacu pertumbuhan industri pemasok otomotif lokal dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di daerah.

Menurut Dito Ganinduto, program mobil Esemka menjadi bagian penting dari program "Making Indonesia 4.0" yang sejak tahun lalu diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Apalagi jika bisa bersinergi dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik.

Supaya program tersebut berkembang dengan baik membutuhkan dukungan dari beberapa kementerian lainnya, misalnya Kemenristek Dikti, Kementerian BUMN, dan Kementerian ESDM.

Dito juga menyarankan pabrik mobil Esemka menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan sejumlah riset di bidang pembuatan mobil, termasuk kemungkinan untuk pengembangan mobil listrik. Hal itu juga meliputi material yang digunakan, sistem manufaktur, serta pendanaan dan pemasarannya.

Ia juga berharap kelak pemerintah bisa mengajak perusahan otomotif luar negeri untuk pengembangan mobil produksi anak bangsa.

"Perlu juga mengajak pihak-pihak di luar negeri yang punya teknologi canggih ntuk bersinergi mendukung proyek pengembangan mobil dalam negeri," ujar Dito.

Politisi Golkar itu menyatakan bahwa mobil produksi dalam negeri sudah saatnya dikembangkan. Karena memiliki prospek yang sangat baik untuk jangka panjang.

Dito optimistis Indonesia bisa mengembangkan industri otomotif Tanah Air untuk bisa bersaing. Tidak hanya menyasar pasar domestik saja namun juga regional.

"Semoga mobil listrik juga bisa segera terwujud di Indonesia, sebagai negara besar yang telah lama bercita-cita memiliki industri otomotif "merah-putih-nya sendiri"," tutup Dito. (Alf)

tag: #mobil-esemka  #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...