Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 25 Okt 2018 - 15:05:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Lewat Instagram, Jokowi Curhat Kerap Ditanya Soal Esemka

1jokowi-pamong.jpg.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sejumlah pihak kerap mengait-ngaitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan proyek mobil Esemka yang belum diproduksi. Melalui instagramnya, Jokowi buka suara terkait hal itu.

"Sejak jadi Wali Kota Solo sampai jadi Presiden, para jurnalis tetap menanyai saya mengenai perkembangan mobil Esemka. Kemarin pun saya ditanyai soal ini," kata Jokowi di akun media sosialnya itu, Kamis (25/10/2018).

"Begini. Mobil Esemka dulu itu produk uji coba dari anak-anak SMK di Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai walikota tentu saya mendorong upaya anak-anak kita ini, termasuk mendukung agar Esemka bisa berlanjut ke tahap berikut seperti uji emisi dan mendapatkan status layak jalan," kata Jokowi.

Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo sempat menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya. Mobil diberi pelat nomor merah bertuliskan AD 1 A.

Lebih lanjut, kata Jokowi, setelah memenuhi sejumlah aspek, Esemka akan beralih menjadi properti industri. Dia menegaskan properti industri itu tidak terkait dengan pemerintah.

"Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun. Setelah jadi ya diserahkan kepada industri. Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri," ucapnya.

Esemka sendiri proses produksinya sudah mulai maju. Meski ada beberapa tipe yang harus diuji emisi ulang karena masih standar emisi Euro2.(yn)

tag: #mobil-esemka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Miliki Dewas Baru, LPDB-KUMKM diharapkan Makin Cepat Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh windarto
pada hari Minggu, 12 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof. Rully Indrawan, berharap Lembaga Pengelola Dana Bergulir Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) dapat bekerja lebih ...
Berita

Ada Lebam di Tengkuk, Sebelum Dibunuh, Editor Metro TV Dianiaya Dulu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Polres Metro Jakarta Selatan terus menelusuri kasus dugaan pembunuhan salah satu editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polisi menyebutkan, terdapat luka lebam di tubuh korban. ...