Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 10 Nov 2018 - 23:56:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi X DPR Minta KPK Selidiki Dugaan Pungli di Kementerian Pendidikan

137gedung_kemendikbud.JPG.JPG
Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi X DPR RI, Effendi Simbolon meminta penegak hukum menyelidiki dugaan adanya pungli di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Pungli ini terkait jual beli jabatan dalam pendidikan di Indonesia.

"Kita berharap penegak hukum baik kepolisian, kejaksaan dan KPK untuk masuk karena proses ini terbuka sekali," kata Effendi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Dugaan adanya kasus pungli, kata Effendi, sangat pertentangan dengan kaidah-kaidah dan norma pendidikan yang ada di Indonesia.

"Kemendikbub ini walaupun mereka tidak menggunakan anggaran 20 persen karena ada alokasi yang dibatasi ke daerah tapi juga salah juga adanya kasus pungli yang terus rutin terjadi di hukum pendidikan di kita ini," katanya.

Politikus PDI-Pini kemudian mencontohkan kasus jual beli jabatan rektor yang harus menyetorkan ratusan milliar jika ingin menduduki jabatan tersebut.

"Saya dari almamater di Bandung mendengar juga ada. Sekarang silakan penegak hukum melakukan penyelidikannya karena ini kan sangat merugikan sistem pendidikan kita," kata Effendi.

Jika terus seperti ini, dia mengkau kwahtir pendidikan di Indonesia tidak akan pernah maju. Hal ini juga menjadi pertayaan dari masyarakat peran pemerintah pusat terhadap kasus ini.

"Bagaimana kita berharap banyak untuk mengandalkan pendidikan kita untuk menyerap pasar," tandasnya. (Alf)

tag: #komisi-x  #dpr  #kemendikbud  #kemenristekdikti  #kpk  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...