Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 16 Nov 2018 - 16:35:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies: Jakarta Berpotensi Banjir Meski Tak Hujan

15IMG-20181116-WA0075.jpg.jpg
Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, meski tidak turun hujan Jakarta tetap berpotensi dilanda banjir.

Potensi itu muncul jika daerah di hulu hujan lebat dan airnya mengalir ke sungai yang melewati Jakarta.

"Bila ada hujan yang lebat di hulu maupun di tengah, meskipun Jakarta tidak ada hujan, kita berpotensi untuk menghadapi ancaman banjir," ujar Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Anies memaparkan, total ada 13 sungai yang melewati Jakarta. Air hujan dari hulu akan mengalir di sungai-sungai itu dan bisa meluap ke daerah-daerah di Jakarta apabila volume airnya melebihi kapasitas sungai.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta harus mewaspadai potensi banjir kiriman itu dan menanggulanginya.

"Musim penghujan adalah musim di mana kita harus mewaspadai karena Jakarta memiliki 13 sungai alami yang melewati kotanya," kata dia.

Anies menyebut, ada 30 titik yang menjadi lokasi genangan dan banjir tahunan di Jakarta. Namun, titik-titik lain juga tetap berpotensi banjir.

Pemprov DKI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk menanggulangi terjadinya banjir pada musim hujan ini.

Polda Metro telah menyiapkan beberapa peralatan untuk menanggulangi banjir, seperti perahu karet dan alat-alat menyelam.

"Tadi kita lihat alat-alat yang disiapkan oleh Polda Metro Jaya. Ini menunjukkan pada masyarakat bahwa kita siap," ucap Anies. (Alf)

tag: #polda-metro-jaya  #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Bank DKI Ajak Warga Rusun DKI Jakarta Kembangkan Usaha Hidroponik

Oleh windarto
pada hari Jumat, 27 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ajak masyarakat DKI Jakarta kembangkan usaha hidroponik, Bank DKI bersama warga Rusun Pondok Bambu, Jakarta Timur luncurkan Program Kebun Hidroponik. Program tersebut ...
Jakarta

Bank DKI Dukung Layanan Digital Petrokimia Gresik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tingkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pemanfaatan layanan digital, Bank DKI dan Petrokimia Gresik kembangkan aplikasi untuk Kopkar Petrokimia Gresik yaitu K3PG Mobile ...