Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 16 Nov 2018 - 16:35:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies: Jakarta Berpotensi Banjir Meski Tak Hujan

15IMG-20181116-WA0075.jpg.jpg
Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, meski tidak turun hujan Jakarta tetap berpotensi dilanda banjir.

Potensi itu muncul jika daerah di hulu hujan lebat dan airnya mengalir ke sungai yang melewati Jakarta.

"Bila ada hujan yang lebat di hulu maupun di tengah, meskipun Jakarta tidak ada hujan, kita berpotensi untuk menghadapi ancaman banjir," ujar Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Anies memaparkan, total ada 13 sungai yang melewati Jakarta. Air hujan dari hulu akan mengalir di sungai-sungai itu dan bisa meluap ke daerah-daerah di Jakarta apabila volume airnya melebihi kapasitas sungai.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta harus mewaspadai potensi banjir kiriman itu dan menanggulanginya.

"Musim penghujan adalah musim di mana kita harus mewaspadai karena Jakarta memiliki 13 sungai alami yang melewati kotanya," kata dia.

Anies menyebut, ada 30 titik yang menjadi lokasi genangan dan banjir tahunan di Jakarta. Namun, titik-titik lain juga tetap berpotensi banjir.

Pemprov DKI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk menanggulangi terjadinya banjir pada musim hujan ini.

Polda Metro telah menyiapkan beberapa peralatan untuk menanggulangi banjir, seperti perahu karet dan alat-alat menyelam.

"Tadi kita lihat alat-alat yang disiapkan oleh Polda Metro Jaya. Ini menunjukkan pada masyarakat bahwa kita siap," ucap Anies. (Alf)

tag: #polda-metro-jaya  #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...