Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 25 Des 2018 - 09:37:07 WIB
Bagikan Berita ini :

DLH DKI Jamin Tak Ada Tumpukan Sampah Saat Natal

34324e0c17-d30c-4970-bc48-bf4d200eef94.jpeg.jpeg
Ilustrasi suasana Natal (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menjamin tidak terjadi penumpukan sampah selama perayaan Natal di Ibu Kota. Sebab, ribuan petugas tetap bekerja menangani sampah meski hari libur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, kegiatan penanganan sampah selama Natal tetap berlangsung seperti biasa. Guna mengantisipasi membeludaknya sampah pada momen itu, pihaknya juga telah menyiapkan rencana operasi, satuan tugas dan armada penanganan sampah.

“Seluruh Suku Dinas dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap gereja di wilayahnya, saat malam Natal dan rangkaian perayaannya,” kata Isnawa, di Jakarta, Selasa (25/12).

Isnawa mensmbahkan, sebanyak 50 personel kebersihan Dinas Lingkungan Hidup di setiap kecamatan ditugaskan memastikan pelaksanaan misa dan kebaktian di setiap gereja berlangsung dengan baik.

"Total 2.200 personel Pasukan Orangye kita tugaskan dalam satgas kebersihan Natal ini," kata Isnawa.

Dia memaparkan, Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, mobil penyapu jalan (road sweeper), menyiapkan toilet mobile, menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan pada malam Natal. Di samping itu juga menyiagakan regu comot dan sarana kebersihan bekerja sama dengan kelurahan terkait.

Isnawa melanjutkan, terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya Gereja Katedral dan Emanuel di Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu di Jakarta Selatan, dan Gereja Theresia di Jakarta Timur.

Sementara itu, selama libur Natal, kata Isnawa, pihaknya juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata Ibukota. Seperti di Kawasan Monas, TMR Ragunan, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Walaupun tempat-tempat wisata tersebut ada pengelolanya, penanganan kebersihannya kita backup untuk menjamin kualitas layanan yang dirasakan warga,” kata Isnawa.

Di setiap tempat wisata dan pusat keramaian di Ibukota, ungkap Isnawa, disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, dust bin dan truk sampah compactor, serta petugas gerobak motor yang setiap 2 jam sekali melakukan penyisiran sampah.

Di tempat-tempat wisata, seperti Kawasan Monas juga diadakan display armada canggih penanganan kebersihan, seperti excavator spider, truk sampah jenis compactor, street swepeer dan lain-lain. Banyak pengujung yang memanfaatkan momen itu untuk mencoba menaiki armada canggih tersebut atau sekedar berfoto selfie. (plt)

tag: #liburan-natal  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...