Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 12 Jan 2019 - 14:52:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Elektabilitas Empat Partai Ini Terus Meningkat

28Pemilu 2019.jpeg.jpeg
Partai Pemilu 2019 (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Survei yang dilakukan Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan empat partai mengalami kenaikan elektabilitas akibat manuver para elitenya.

"Empat partai menikmati kenaikan elektabilitas, yang terkerek oleh efek ekor jas (coattail effect) maupun manuver yang dilancarkan elite-elite parpolnya," kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Adapun keempat partai itu menurut Vivin adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia dan Berkarya.

PDIP dan Gerindra mendapatkan efek ekor jas sebagai partai pengusung utama capres Jokowi dan capres Prabowo Subianto.

Sedangkan PSI dan Berkarya mengalami kenaikan elektabilitas akibat isu-isu kontroversial yang mereka angkat.

“Berdasarkan temuan indEX Research, elektabilitas PDIP meningkat dari 23,1 persen pada survei periode November 2018 menjadi 25,7 persen,” jelas Vivin.

Selain PDIP, pamor Gerindra juga naik dari 12,3 persen menjadi 14,7 persen. Vivin menyebutkan, kenaikan elektabilitas PDIP dan Gerindra tidak mengherankan, mengingat kedua parpol tersebut adalah pengusung utama capres-cawapres

“PSI naik dari 1,2 persen menjadi 2,3 persen, sedangkan Berkarya dari sebelumnya hanya 0,1 persen menjadi 0,8 persen,” beber Vivin lagi.

Nah,kalau kenaikan elektabilitas kedua partai ini enurut Vivin lebih disebablan karena adanya isu-isu kontroversial untuk mendapatkan efek elektoral.

PSI memanfaatkan isu-isu sensitif seperti Perda Syariah, poligami, hingga ucapan selamat Natal, sedangkan Berkarya menjual Soeharto sebagai Bapak Pembangunan pada era Orde Baru. (ahm)

tag: #pemilu-2019  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement