Berita

Menhan: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Tertunda Karena Belum Mau Ikrar Setia NKRI

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 23 Jan 2019 - 15:37:28 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

384a6b9035-46ba-476f-8037-f8b7cd802292.jpeg.jpeg

Abu Bakar Ba'asyir dan Yusril Ihza Mahendra. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengungkapkan, bahwa ditundanya pembebasan terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir karena yang bersangkutan belum mau memenuhi syarat ikrar setia kepada NKRI.

"Seharusnya begitu. saya sudah bilang kita ini udah setuju Pancasila itu pegangan hidup kita, apalagi tentara itu ya pembela ideologi negara. Kenapa? Pancasila itu bukan agama tapi alat pemersatu kalau kita mau meruntuhkan satu negara runtuhkan dulu ideologinya. Nah, ini kan akan meruntuhkan negara bahaya dong, ga boleh," kata Ryamizard di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Sampai saat ini, kata dia, Ba'asyir belum mau menyatakan ikrar tersebut. 

"Katanya begitu, kan saya belum ketemu mungkin beberapa kesempatan mau ketemu juga," kata ia.

Menurut Ryamizard pihak pemerintah sudah sangat toleran dengan rasa kemanusiaan. Namun, syarat pembebasan itu harus dipenuhi terlebih dahulu.

"Kita kan sudah toleran, dia sudah tua sudah lama di penjara dengan rasa kemanusiaan presiden biar saja dia di rumah dengan keluarganya, bukan mendoakan dia cepat sakit berat nggak. Biar Dia berkumpul dengan orang rumah, cucunya, anaknya di masa tuanya. Itu kan harus ada timbal balik dong, timbal balik kan bukan untuk presiden, untuk negara ini," tandasnya. (Alf)

tag: #abu-bakar-baasyir  #kementerian-pertahanan  

Bagikan Berita ini :