Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 27 Jan 2019 - 15:57:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Polemik BP Batam, Komisi II DPR: Batam Harus Dikelola Secara Komprehensif

60walikota-batam-akan-rangkap-jabatan-sebagai-kepala-bp-batam-Ist.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron mendorong agar Batam dikelola secara komprehensif.

Hal ini menyusul adanya polemik soal peleburan Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan Pemerintah Kota Batam.

Ada beberapa poin yang menjadi sorotan Komisi II terkait wacana tersebut, mulai dari aspek regulasi, ekonomi hingga pertanahan.

"Kami mencoba membuat kajian. Ada beberapa hal yang jadi persoalan Batam, bahwa ini jadi persoalan pemerintah dan harus diselesaikan melalui kebijakan pemerintah. Yang menjadi sorotan kami, karena terkait ditunjuknya ex officio Wali Kota Batam jadi Kepala BP Batam itu melanggar. Ada larangan rangkap jabatan yang diatur pasal 17 ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik," kata Herman di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Ketua DPP Partai Demokrat ini juga mempertanyakan terkait efektivitas ex officio BP Batam dikelola oleh Wali Kota Batam dari segi progresivitas bisnis. Karena bagaimanapun korporasi ataupun bisnis harus dikelola secara profesional.

"Dari sisi ekonomi, ini menyangsikan berbagai kalangan swasta. Karena bagaimanapun korporasi ataupun bisnis ini harus diurus secara profesional. Dan apakah dengan ex officio Wali Kota Batam dengan mencampurkan urusan bisnis dengan birokrasi ini akan efektif untuk membangun Batam ke depan?" tanya Herman.

Kemudian aspek kelembagaan, apakah dengan peleburan BP Batam dengan Pemkot Batam ini memenuhi syarat di dalam kelembagaan menuju good corporate government menjadi pertanyaan Komisi II DPR RI.

Karena itu, Komisi II DPR RI masih akan terus mendalami persoalan ini dengan akan memanggil Dewan Kawasan Batam. (Alf)

tag: #komisi-ii  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement