Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 30 Jan 2019 - 23:51:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Besok, Polisi Periksa Rocky Gerung soal 'Kitab Suci Fiksi'

11543255133.jpg.jpg
Rocky Gerung (Sumber foto : Ist)

(TEROPONGSENAYAN) --Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jayamemanggil Rocky Gerunguntuk diperiksa terkait ucapannya, soal 'kitab suci itu fiksi', Kamis (31/12019) besok.

Rocky Gerung sebelumnya dilaporkan oleh Sekjen Cyber Indonesia, Jack Boyd Lapian. Jack diketahui adalahmantan relawan Basuki Tjahajs Purnama alias Ahok.

"Iya betul, pemanggilannya untuk diperiksa sebagai saksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, Rabu (30/1/2019).

Argo pun berharap Rocky dapat memenuhi panggilan tersebut."Kita berharap yang bersangkutan hadir karena yang bersangkutan seorang kita hormati, seorang yang cerdas, bapak terpelajar dan mudah-mudahan besok datang untuk memenuhi undangan klarifikasi dari pada Direktorat Krimsus," kata Argo Yuwono.

Pemeriksaan terhadap Rocky Gerung dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB pagi, di Gedung Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Ini adalah panggilan pertama untuk Rocky Gerung dalam kasus tersebut.

Sebelumnya, Jack melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018) lalu. Pelaporan Jack ini terkait ucapan Rocky Gerung yang menyatakan 'kitab suci itu fiksi' dalam program 'Indonesia Lawyers Club' (ILC) diTVOne.

Laporan Jack diterima dengan tanda bukti laporan bernomor LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Jack menilai pernyataan Rocky Gerung itu merupakan bentuk suatu penistaan terhadap agama. Menurut Jack, kitab suci yang disebut Rocky Gerung merujuk pada Alquran, kitab Taurat, dan sebagainya. Maka penyebutan kata 'fiksi' itu berarti juga menyinggung soal keberadaan Tuhan dan nabinya.

"Kitab suci dibilang fiksi, kalau dibuat ejaan di KBBI itu sudah jelas, kitab suci itu merujuk pada Alquran, Injil, Taurat, dan lain-lain, dan fiksi itu rekaan, khayalan. Berarti, kalau di saya sebagai orang Kristen, Nabi Isa itu fiksi, dong, atau mungkin untuk umat lain, untuk Islam, Muhammad itu fiksi dong, biarlah berfokus di situ," ujarnya. (Alf)

tag: #polda-metro-jaya  #rocky-gerung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement