Editorial
Oleh pamudji pada hari Selasa, 12 Feb 2019 - 08:26:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Listrik dan Debat Capres

tscom_news_photo_1549934788.jpg
Ilustrasi Jaringan Listrik (Sumber foto : ist)


Minggu, 17 Februari 2019, KPU kembali menggelar Debat Capres sebagai rangkaian kegiatan Pilpres 2019. Debat kedua ini mengangkat isu strategis, yakni energi,pangan,sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Terkait energi, ditengarai masing-masing paslon bakal memperdebatkan permasalahan kelistrikan nasional. Capres petahana, barangkali, akan memaparkan pencapaian program kelistrikan. Sebaliknya, capres dan cawapres penantang, ada kemungkinan, mengkritisi pencapaian tersebut.

Publik berharap perdebatan tentang kelistrikan mengangkat isu-isu panas, yang selama ini menarik perhatian mereka. Salah satunya adalah Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu MW.

Terkait isu itu, perlu dijelaskan secara jujur dan obyektif tentang pencapaian proyek raksasa yang digulirkan pada Mei 2015 tersebut. Tentunya, penjelasan itu mencakup semua tahapan, mulai tahapan perencanaan,pengadaan, kontrak, hingga konstruksi. Sekali lagi, publik perlu mendapat penjelasan yang jujur dan obyektif.

Akan lebih menarik, jika penjelasan pencapaian itu dikritisi dan diperdebatkan secara ilmiah. Paling tidak didebat berdasarkan data dan angka-angka. Dua data yang perlu dikemukakan dalam perdebatan itu adalah pertumbuhan ekonomi dan kelistrikan.

Harus dipaparkan secara gamblang, sejatinya pada pertumbuhan ekonomi berapa persen, Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu MW bisa berjalan tanpa hambatan. Selanjutnya, pada pertumbuhan kelistrikan berapa persen pula, proyek tersebut benar-benar dibutuhkan dan harus dilaksaksanakan.

Sekali lagi, perdebatan tentang hal itu, bakal benar-benar menarik. Mengapa? karena listrik sungguh-sungguh penting. Siapapun presidennya, program kelistrikan harus disiapkan secara matang, dan dilaksanakan penuh perhitungan.(*)

tag: #listrik  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...