Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 26 Feb 2019 - 17:34:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Seru, Survei LSPI : Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Mulai Saling Kejar

tscom_news_photo_1551177283.jpg
Jokowi-Ma'ruf Amin Vs Prabowo-Sandiaga Uno. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hasil Survei Pilpres 2019 terbaru, selisih elektabilitas Jokowi-Ma"ruf Vs Prabowo-Sandi kian menipis. Kini, kedua kandidat dipastikan akanterusbersaing hingga hari H pencoblosan pada 17 April 2019.

SurveiLembaga Survei Pembangunan Indonesia (LSPI)menunjukkan bahwa paslon Capres dan Cawapres nomor 01 dan paslon nomor 02 kini terjadi kejar mengejar di hampir 34 provinsi seluruh Indonesia.

Kepala Litbang LSPI, Febra Anugrah mengungkapkan, hasil survei terbaru tingkatelektabilitas pasangan kandidat Pilpres 2019semakin cair.Meskipun petahana Jokowi-Ma"rufmasih unggul tipis atas sang rival Prabowo-Sandi.

"Pasangan Prabowo-Sandimendapatkan dukungan dari publik sebesar 44,14%, sedangkan pasangan petahana Jokowi-Ma"ruf 46,86%," kataKepala Litbang LSPI Febra Anugrah, di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

"Sedangkan mereka yang belum menentukan atau swing voter sekitar9,00%," sambungnya.

Febra menjelaskan, elektabilitas Prabowo-Sandi yang bertengger di angka 44,14% dampak dari berbagaialasan yang diungkap publik.

Diantaranya, lanjut dia, sosok Prabowo-Sandi dipandang mampumemperbaiki kondisi ekonomi saat ini. Mereka menginginkan sebuah perubahan dan figur presiden baru, serta memiliki karakter tegas dan berwibawa.

Sementara figur Jokowi-Ma’ruf memperoleh elektabilitas sebesar 46,86% karena dianggap sosok yangmerakyat, sudah berpengalaman serta mampu melanjutkan pembangunan.

Menurut Febra, selisih antara keduanya yang sangat tipis sekalipun tingkat kepuasan publik terhadap sosok Jokowi tinggi namun kinerja kebijakan ekonomi rendah.

Karenanya, Febra menilai, hasil sangat tipis ini merupakan modal awal bagi Capres dan Cawapres Prabowo-Sandiaga untuk mengejar, sekalipun untuk sementara pasangan Jokowi-Ma"ruf unggul sekitar 2,72%.

Sebab, menurut Febra, perbedaan tingkat elektabilitas di bawah 10% yang dimiliki figur incumbent dapatdisimpulkan belum unggul secara signifikan dari calon pasangan nomor urut 02.

"Mengingat waktu masih tersisa sekitar dua bulan kedepan. Artinya, masih terbuka peluang dalammeraih simpati publik dalam mengejar ketertinggalan bagi pasangan Prabowo-Sandi," katanya.

Diketahui, survei ini dilakukan pada 14-20 Februari 2019 kemarin. Survei dilakukan secarapropforsional di 34 Provinsi yang punya hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019, yaitu merekayang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Selanjutnya random di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan/Desa,Kampung/RW/RT, penyebaran wilayah di 50% perkotaan dan50% pedesaan.

Jumlah sample responden yang di ambil sebanyak 2100. Penentuan responden dilakukansecara random sistematis, dengan margin error + 2,4 % pada tingkat kepercayaan 95%.

Penarikan sampel dilakukan dengan Metode multistage Random Sampling.(Alf)

tag: #jokowimaruf-amin  #pilpres-2019  #prabowosandiaga  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement