Berita
Oleh Fitriani pada hari Sabtu, 09 Mar 2019 - 17:23:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Jimly Asshiddiqie Ajak Masyarakat Tak Musuhi Korban Penyalahgunaan Narkoba

tscom_news_photo_1552126988.jpg
Ketua Umum ICMI, Prof Dr Jimly Asshiddiqie. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof Dr Jimly Asshiddiqie, menegaskan, bahwa musuh negara dalam penyalahgunaan narkoba adalah mereka para sindikat pengedar dan bandar.

Sebab, menurut Jimly, bandar dan pengedar narkoba bekerja terorganisir dengan tujuan menghancurkan kehidupan bangsa.

Karenanya, mantan Ketua Mahkamah Konstistusi (MK) ini menyebut, status pengedar dan bandar narkoba dapatdikategorikan sebagai penjahat kelas berat. Sehingga sudah sepatutnya pengedar dan bandar narkoba dihukum maksimal.

Sebaliknya, kata Jimly, para pengguna atau penyalahgunaan narkoba hanyalah korban perbuatan yang keliru. Merekaseharusnya segera dilakukan rehabilitasi untuk proses pemulihan.Menurut Jimly, mereka juga tidak perlu dimusuhi oleh masyarakat.

"Kalau dalam kasus (mengonsumsi) narkoba itu, kan merupakan perbuatan yang keliru. Harus diluruskan lagi jalannya supaya tidak keliru," papar Jimly, di Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

Bahkan, Caleg DPD RI Dapil Jakarta ini berpendapat, korban narkoba mestinya dikasihani dan disadarkan dari perbuatannya melalui upaya rehabilitasi dan diedukasi. Bukan justru dijebloskan ke dalam penjara.

Karena itu, Jimly pun mengimbau agar ke depan semua pihak dapat lebih memilah lagi mana yang perlu menjadi perhatian serius sebagai musuh negara dan yang seharusnya dipulihkan atau diselamatkan akibat narkoba.

"Korban narkoba itu dikasihani, jangan dimusuhi. Harus direhabilitasi. Jadi jangandibesar-besarkan kasus korban narkoba. Seluruh kalangan masyarakat Indonesia harus saling bersinergi untukmemerangi para pengedar dan bandar narkoba," pesan Jimly. (Alf)

tag: #jimlyasshiddiqie  #bnn  #narkoba  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

BPIP: Masyarakat Pancasila Adalah Masyarakat Pembelajar

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Senin, 28 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Hariyono menyebut masyarakat Pancasila merupakan masyarakat pembelajar yang memiliki semangat untuk terus ...
Berita

Anggap Biosecurity Indonesia Lemah, FPKS Sebut Penanganan Covid-19 Amburadul

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Sukamta menyebut penanganan COVID-19 amburadul jadi bukti biosecurity Indonesia lemah. Maka dari itu untuk menambal kelemahan ini ...