Bisnis

Dunia Sudah Melakukan

Indonesia Baru Mempertimbangkan Larangan Terbang Boeing 737 Max 8

Oleh pamudji pada hari Rabu, 13 Mar 2019 - 11:10:10 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1552450210.jpg

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketika negara-negara di dunia ramai-ramai melakukan, Indonesia justru masih mempertimbangkan larangan terbang pesawat Boeing 737 Max 8.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah bisa saja mempertimbangkan larangan beroperasi untuk pesawat Boeing 737 Max 8 seperti yang dilakukan Singapura.

"Ya kalau Singapura bisa lakukan, kenapa kita tidak bisa?" kata Luhut usai menghadiri sebuah acara di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Namun, Luhut mengaku tak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan tersebut. Berbagai aspek, terutama terkait kelaikan dan keselamatan akan menjadi pertimbangan pemerintah. Hal itu juga, kata Luhut, tidak akan diputuskan dalam waktu dekat.

"Evaluasi yang cermat. Tidak boleh buru-buru karena menyangkut banyak pihak," ujar dia.

Saat ini, ujar Luhut, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah mengambil tindakan untuk mengkandangkan sementara (grounded) pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai Indonesia dalam sepekan ke depan.

Selama larangan terbang sementara ini berlaku, Kementerian Perhubungan akan melakukan inspeksi terhadap 11 pesawat Boeing 737 Max 8 yang ada di Indonesia.

Luhut mengatakan akan menggelar rapat bersama menteri dan pimpinan lembaga terkait dalam waktu dekat untuk menilai hasil inspeksi terhadap Boeing 737 Max 8.

"Boeing tadi kita saya pikir sudah temporary grounded (dikandangkan sementara) dan besok kami membicarakan itu lagi," ujarnya.(plt)

tag: #kecelakaan-pesawat  

Bagikan Berita ini :