Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Selasa, 19 Mar 2019 - 15:21:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Penghapusan UN, JK Tak Sepakat dengan Sandi

tscom_news_photo_1552983665.jpg
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) tak sepakat dengan wacana penghapusan ujian nasional (UN) yang disampaikan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno saat debat, Minggu 17 Maret lalu.

Pasalnya, menurut JK, dalam sistem pendidikan Indonesia penghapusan UN akan menjadi berbahaya karena tidak ada tolok ukur dalam evaluasi belajar siswa.

"Kalau (UN) mau dihapuskan, itu berbahaya untuk kualitas pendidikan. Ada UN saja kualitas pendidikan kita masih rendah, apalagi kalau tidak ada. Tidak ada parameter untuk mengukurnya," kata JK di Istana Wapres Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Apalagi, ujian nasional untuk mengevaluasi proses belajar siswa tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) telah diatur dalam Undang-undang No.20 Tahun 2003. Oleh karena itu, JK tidak sepakat jika UN dihapuskan.

Sebelumnya, dalam debat pilpres yang diikuti calon wapres, Minggu 17 Maret lalu, Sandiaga Uno mengusulkan akan menghapuskan UN dan menggantinya dengan metode penelusuran minat dan bakat, jika dia menang dalam Pilpres 2019.

"Kita pastikan sistem UN dihentikan, diganti dengan penelusuran minat bakat," ujar dalam debat. (ahm)

tag: #pendidikan  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...