Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 21 Mar 2019 - 16:15:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Pertanyakan Gagalnya Kongres Nasdem

tscom_news_photo_1553159757.jpg
Sidang gugatan Partai Nasdem di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019). (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Teddy Setiawan mempertanyakan terselenggaranya Kongres Partai Nasdem. Sebab hingga kini partai pimpinan Surya Paloh ini baru satu kali melakukan kongres pada 2013, seharusnya jika merujuk AD/ART partai dilakukan tiap 5 tahun sekali.

"Itu sudah suatu kewajiban di dalam AD/ART bahwa kepemimpinan dari pada baik di DPD, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar dan DPP harus dilaksanakan 5 tahun sekali," kata Teddy saat bersaksi di sidang gugatan Partai Nasdem di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Teddy mengungkapkan dirinya dipecat dari Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem pada 2017, namun dia tidak membalas surat pemecatan itu. Hal ini dilakukan karena menunggu terselenggaranya kongres Partai Nasdem yang direncanakan digelar pada Maret 2018.

"Kongres akan dilakukan tanggal 6 Maret 2018 sesuai dengan ketentuan di Menkumham," ucap Teddy.

Namun hingga 2019, kata Teddy, Kongres DPP Partai Nasdem belum juga diselenggarakan. Padahal dia ingin menanyakan terkait pemecatannya dari dewan pertimbangan.

"Seharusnya DPP yang harus mempersiapkan bersama, DPW mempersiapkan kongres," tegas Teddy.

Sebelumnya, masa jabatan Ketum NasDem Surya Paloh digugat ke PN Jakpus. Kader Nasdem, Kisman Latumakulita selaku penggugat mengatakan masa jabatan Paloh mestinya berakhir pada 6 Maret 2018.

Merujuk pada AD/ART Nasdem, diatur bahwa DPP, Mahkamah Partai, dan Dewan Pertimbangan Partai dipilih untuk jangka waktu lima tahun.

Sementara, Paloh telah menjabat sebagai ketum sejak terpilih dalam Kongres Nasdem pada Februari 2013. Kepemimpinannya kemudian disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM yang saat itu dijabat Amir Syamsudin pada 6 Maret 2013.(plt)

tag: #partai-nasdem  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...