Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 10 Apr 2019 - 16:57:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Gara-gara Timses TKN Di-OTT KPK, Elektabilitas Jokowi Kian Tertinggal dari Prabowo

tscom_news_photo_1554890269.jpg
Elektabilitas Indomatrix terbaru Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi. (Sumber foto : TeropongSenayan.dok)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sepakan sebelum pemungutan suara 17 April, elektabilitaspaslon petahana, Jokowi-Ma"ruf Amin semakin tertinggal jauh daripaslon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasilSurveiIndomatrik, saat ini elektabilitas Prabowo-Sandi sudah berada di angka 51,07%. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf merosot menjadi 43,92%.

"Masyarakat yang belum menentukan (swing voter) tapi akan berpartisipasidalam Pilpres sekitar 5,01%," kataDirektur Riset Lembaga SurveiIndomatrik, Syahruddin Ys mengawali paparan surveinya, di Menteng, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Syahruddin menyebut, selisih elektabilitasyangmelebar tersebut akibat dari banyaknya timses atau parpol koalisi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma"ruf yang baru-baru ini tertangkap kasus korupsi atau terjaring OTT KPK.

"Soal korupsi ini membuat masyarakat kecewa. Tentu, sebelumnya masyarakat juga banyak yang menilai kinerja Jokowi jauh dari harapan atau tidaksesuai dengan janji kampanye 2014," papar dia.

Sementara itu, kata Syahruddin,elektabilitas Prabowo-Sandi terus merangkak naik karena disebabkan beberapaalasan.

Diantaranya, masyarakat menginginkan perubahan, mengingkan presiden baru, mampu memperbaiki ekonomi, mampu membawa Indonesialebih baik kedepan, dan figur Prabowo-Sandi yang dipandang berkarakter tegas dan berwibawa.

Selain itu, lanjutnya, juga dipengaruhi oleh trend positif dan negatif kedua pasangankandidat Pilpres 2019 selama masa kampanye. DimanaPrabowo-Sandi belakangan memasuki fase trend positif, sebaliknya, Jokowi-Ma’ruf mengalami trend negatif.

Meski begitu, Syahruddin menprediksi, pelaksanaan Pilpres yang kurang sepekan lagi,akan bersaing ketat mengingat posisi Jokowi-Ma"ruf sebagai petahana.

"Memang, fase trend positif ini bisa menjadi modal kuat bagi Prabowo-Sandi dalam menarik simpati publik untuk memenangkanpertarungan di Pilpres 17 April 2019," tutup Syahruddin.

Untuk diketahui, survei Indomatrix ini dilakukan pada 24-31 Maret 2019 dan dilaksanakan secaraproposional di 34 Provinsi yang memiliki hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019. Dimanaresponden merupakan para pemilih yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah danterdaftar di KPU sebagai pemilih.

Selanjutnya, random di tingkat Kabupaten, Kecamatan,Kelurahan/Desa, Kampung/RW/RT, penyebaran wilayah di 50% perkotaan dan 50%
pedesaan.

Jumlah sample responden yang di ambil sebanyak 2.100. Penentuan responden dilakukansecara random sistematis, dengan margin 0f error + 2,4 % pada tingkat kepercayaan 95%.

Penarikan sampel dilakukan dengan Metode multistage Random Sampling Dimana hasil survei ini untuk mengetahui tingkat elektabilitas para pasanganCapres/Cawapres 2019-2024. (Alf)

tag: #prabowosandiaga  #pilpres-2019  #jokowimaruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...