Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 26 Jun 2020 - 22:47:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Brando Susanto: Usut Tuntas Dalang dan Pelaku Pembakaran Bendera PDIP

tscom_news_photo_1593186460.jpg
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jakarta Utara Brando Susanto (Tengah-Berbaju PDIP Warna Hitam) memimpin aksi demonstrasi di Mapolres Jakarta Utara, Jumat (26/6) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ratusan kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jakarta Utara berunjukrasa di Polres Jakarta Utara, Jumat (26/5). Mereka menuntut aparat kepolisian segera mengusut tuntas kasus pembakaran bendera partai berlambang Banteng itu.

Ratusan massa itu memadati Jalan Yos Sudarso depan Mapolres Jakarta Utara, Jumat siang hingga sore hari. Massa aksi menggunakan baju merah dan membawa berbagai atribut partai dan spanduk seperti “Kami Bukan HTI, kami bukan PKI kami PDI Perjuangan.”

Koordinator aksi Brando Susanto mengatakan, sebagai warga negara yang taat hukum, maka sudah kewajiban kader melaporkan keberatan kepada pihak yang berwajib secara positif.

"Jangan ada lagi semangat mengadu domba rakyat dengan pecah belah. Apalagi penghinaan pada lambang dan simbol PDI Perjuangan," tegas Brando di Mapolres Jakarta Utara, Jumat (26/6).

Brando yang juga merupakan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jakarta Utara itu mendesak Polri untuk segera menangkap dan mengusut tuntas pelaku pembakaran bendera. Hal itu supaya jangan ada yang coba-coba melakukan perbuatan tercela itu.

"Kita bangsa yang berbudaya luhur, tidak perlu paksakan kehendak dengan penghinaan pada yang lain," tuturnya.

Brando menambahkan, arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bahwa seluruh kader harus patuh hukum.

“Kami masih cukup bersabar. Namun kami tidak terima, kalau bendera partai kami dibakar," tegasnya.

Diberitakan, puluhan aparat Polres Metro Jakarta Utara turut menjaga aksi tersebut agar tetap aman. Sementara beberapa perwakilan massa aksi masuk ke dalam Mapolres menyampaikan aspirasi mereka yang diterima Wakapolres Jakarta Utara.

Sebelumnya aksi pembakaran bendera PDI Perjuangan terjadi saat demo penolakan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di depan Gedung DPR, Rabu (24/6) lalu.

Brando menuturkan, pihaknya juga perlu memperjuangkan hak dengan mendukung sepenuhnya aparat kepolisian untuk bersama-sama menegakkan keadilan.

"Kita menuntut penyelesaian pengungkapan pembakaran bendera PDIP yang dilakukan beberapa hari lalu dalam rangka demokrasi rancangan UUD HIP,” sambungnya.

Sementara itu Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Aries Andhi Fadillah mengatakan pihaknya akan mempelajari laporan tersebut.

"Jadi sudah kita terima laporannya dan tentunya dari tim akan mempelajari pengaduan itu, dikomunikasikan dengan Polda terkait tentang pengaduannya,” katanya.

tag: #bendera-pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement