Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Senin, 08 Jun 2015 - 14:33:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Panglima TNI di Era SBY Bergiliran Antar Matra

73Moeldoko(indra).JPG
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pergantian Panglima TNI menjadi perbincangan publik terkait posisi yang layak menduduki jabatan nomor satu di tubuh TNI tersebut dari unsur matra mana, angkatan udara, angkatan laut atau angkatan udara?.

Sebagian kalangan, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla berpandangan posisi Panglima TNI tak harus bergiliran karena dalam undang-undang tidak disebutkan secara tertulis yang mengatur mekanisme giliran tersebut.

Sementara pendapat lain, salah satunya pengamat politik dan pertahanan Salim Said meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tetap mempertahankan tradisi perputaran posisi untuk memilih Panglima TNI. Menurutnya, hal itu perlu dijaga untuk soliditas TNI.

Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menjabat sebagai presiden, SBY dalam memilih Panglima TNI berpatokan pada sistem perputaran antar matra. Sejak terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia pada 2004 silam, SBY menunjuk Jenderal Endriartono Sutarto dari matra angkatan darat sebagai Panglima TNI hingga tahun 2006.

Kemudian pada tahun 2006, Marsekal TNI Djoko Suyanto dari angkatan udara menggantikan Endriartono Sutarto yang telah memasuki masa pensiun. Dari tangan Djoko Suyanto, tahun 2007 tampuk kepemimpinan Panglima TNI diserahkan kepada Jenderal Djoko Santoso yang notabene berasal dari angkatan darat hingga 2010.

Laksamana TNI Agus Suhartono dari angkatan laut menjadi Panglima TNI dari tahun 2010 hingga 2013 lalu. Terakhir, Jenderal TNI Moeldoko dari angkatan darat ditunjuk menggantikan Agus Suhartono.(yn)

tag: #panglima tni  #sby  #matra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Perempuan Berperan Besar Menjaga Ketahanan Keluarga Menghadapi Pandemi Covid-19

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 16 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pandemi covid -19 telah berdampak besar bagi kehidupan masyarakat, yang langsung dirasakan setiap keluarga terutama dibidang kesehatan, ekonomi, pendidikan dan sosial ...
Berita

Jokowi Targetkan Pertumbuhan 7 Persen, Marwan Cik Asan: Pemerintah Terlalu Optimis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Target pertumbuhan ekonomi Indonesa melebihi 7 persen pada kuartal II 2021 dinilai anggota Komisi XI Marwan Cik Asan akan sangat berat. Dalam hal ini, jangan sampai ...