Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 09 Jun 2015 - 18:12:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota Komisi XI: Tax Amnesty Masih Prematur jika Dijadikan UU

40Andreas.jpg
Andreas Eddy Susetyo (Sumber foto : Sahlan Ake/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pihak DPR mendorong pemerintah untuk menyiapkan konsep aturan tentang pengampunan pajak (tax amnesty) yang bisa menarik kembali uang warga negara Indonesia (WNI) yang 'diparkir' di luar negeri agar bisa diwujudkan menjadi sebuah undang-undang (UU).

Namun, anggota Komisi XI Andreas Eddy Susetyo menilai, aturan tentang tax amnesty tersebut agak sulit direalisasikan menjadi UU, pasalnya masih dalam proses pembahasan.

"Tahapannya masih sangat prematur. Ini baru bisa berjalan ketika (sudah ada) proses konsultasi nasional, karena ini harus berkonsep," kata Andreas kepada TeropongSenayan, Selasa (9/6/2015).

Sebagian anggota Komisi XI memang berkeinginan menjadikan aturan tax amnesty tersebut menjadi sebuah undang-undang tersendiri.

Menurut Andreas, UU tax amnesty ini nantinya bisa menimbulkan dua sudut pandang, yakni satu sisi pemerintah bisa meraih keuntungan lantaran uang WNI di luar negeri dibawa pulang ke Indonesia. Di sisi lain, aspek keadilan menjadi hilang terutama dana dari hasil korupsi yang di simpan di luar negeri.

"Kita harus melihat dari sisi keadilan terutama dana-dana hasil korupsi, dalam arti kita memaafkan (tak mengusut asal usul dana itu, red) atau tidak para koruptor.Tapi kalau seperti itu artinya tidak akan menimbulkan efek jera pada para koruptor," ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap jangan sampai ada kepentingan orang yang tidak bertanggung jawab atas usulan agar tax amnesty dijadikan UU. "Anggota Komis XI tidak semuanya setuju," tandasnya.(yn)

tag: #tax amnesty  #dpr  #uang wni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...