Oleh Wiranto pada hari Rabu, 29 Sep 2021 - 23:05:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengunjung Malioboro Akan Diatur dengan Aplikasi Khusus

tscom_news_photo_1632931505.jpeg
kawasan Malioboro (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kota Yogyakarta akan membuat aplikasi untuk dipakai di kawasan Malioboro. Hal itu karena QR Code PeduliLindungi dari Kementerian Kesehatan belum tersedia di sana.

Heroe mengatakan, melihat kondisi ini, mau tak mau pihaknya mengembangkan model sendiri. Aplikasi yang belum diberi nama itu merupakan pengembangan dari QR Code scan yang sudah dikembangkan sejak awal pandemi.

QR Code menjadi syarat wajib bagi para wisatawan atau masyarakat jika ingin masuk ke tempat umum.

"Iya karena kalau saya membayangkan seluruh Indonesia mengajukan semuanya dan QR Code ada spesifikasi (khusus) pasti memerlukan waktu yang panjang," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi kepada wartawan di Kantor Kecamatan Kotagede, Yogyakarta, Rabu (29/9).

Pada akhir pekan kemarin, aplikasi itu juga sudah diuji coba. Fungsi utama dari aplikasi itu tidak hanya sekadar pelacakan saja, tetapi juga untuk membatasi waktu kunjung wisatawan maksimal 2 jam di Malioboro.

"Karena Malioboro bukan destinasi wisata yang dibuka tetapi Malioboro kawasan bisnis ekonomi, banyak orang datang ke sana. Mau nggak mau kami yang ada di Kota Yogya harus ikut memonitor juga meski dengan aplikasi kita sendiri yang dulu QR Code scan segala macam itu masih kita jalankan," kata Heroe.

"Hanya tidak dikelola Dinas Kominfo tetapi Dinas Kebudayaan terutama untuk monitoring 2 jam di Malioboro dan 3 jam parkir. Sedang kita uji coba Sabtu-Minggu kemarin, hasil seperti apa saya belum dapat," bebernya.

Total ada 7 destinasi wisata yang diizinkan buka oleh Kemenparekraf di DIY. Dari jumlah tersebut, hanya 1 destinasi berada di Kota Yogyakarta yaitu Gembira Loka Zoo.

Mengenai kesiapan destinasi wisata lain untuk beroperasi, Heroe memastikan mayoritas destinasi sudah siap untuk beroperasi yang artinya tinggal menunggu izin pusat saja.

tag: #yogyakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...