Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 22 Feb 2022 - 22:12:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Sukamta: Transformasi Lemhannas Butuh Barisan Solid

tscom_news_photo_1645542772.jpg
Sukamta Politikus PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Widjajanto menjadi Gubernur Lemhannas. Andi diminta melakukan transformasi Lemhannas untuk menghadapi tantangan geopolitik masa depan.

Anggota Komisi 1 DPR RI Sukamta menyarankan agar gubernur Lemhannas yang baru mampu mengkonsolidasikan berbagai macam kepentingan yang beragam di internalnya. Itu tugas pertama yang harus dilakukan.

"Saya ucapkan selamat dan sukses atas amanah yang diberikan kepada saudara Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas. Pengangkatan sipil menjadi Gubernur Lemhannas, yang di dalamnya sebagian besar dipimpin oleh Jendral TNI, merupakan tantangan tersendiri. Lemhannas butuh barisan yang solid," ujar Politikus PKS itu dalam keterangan tertulis, Selasa (23/02/2022).

Sukamta menambahkan, posisi Gubernur Lemhannas yang sudah dipegang sipil selama empat kali menunjukan bahwa transformasi strategis dalam pendekatan dan pelibatan masyarakat sipil untuk pertahanan negara bisa terus menguat.

"Sebelumnya juga pelibatan sipil dalam pertahanan negara bisa dilakukan dengan pembentukan Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung. Saya kira pelibatan sipil seperti ini bagus dan perlu dirawat, agar ketahanan nasional kita semakin kokoh," tandasnya.

Sukamta berharap arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam hal transformasi dalam menghadapi geopolitik abad ke-21 bisa dilaksanakan.

Selain itu, kata dia, faktor kedekatan dengan presiden diharapkan dapat menjadikan hasil-hasil kajian Lemhannas didengar dan digunakan oleh presiden sehingga lembaga ini bisa terus terpacu membuat kebijakan-kebijakan yang baik dan strategis.

"Fungsi Lemhannas harus diperkuat dalam pengkajian permasalahan strategis nasional, regional, dan internasional di bidang geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, hukum, pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi," paparnya.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir, khususnya selama pandemi Covid-19, peran strategis Lemhannas sangat dibutuhkan untuk bisa memberikan kajian dan masukan strategis dalam masalah bangsa dan negara.

Sukamta kemudian berpesan secara khusus, Gubernur Lemhannas yang baru harus bisa menjaga soliditas lembaga agar Lemhanas bisa melakukan transformasi.

"Lantaran baru ada 3 Gubernur Lemhannas yang berasal dari kalangan masyarakat sipil sebelum Andi Widjajanto yaitu Prof. DR. Ermaya Suradinata, SH, MS, Prof. DR Muladi S.H dan Prof DR. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A," pungkasnya.

tag: #lemhannas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...