Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 11 Sep 2015 - 08:23:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Buruh Tak Masuk di Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi, Rieke Kecewa

87DEMO_MAYDAY_5.jpg
Buruh saat melakukan unjuk rasa di Bundaharan HI dalam peringatan May Day (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka mengaku kecewa dengan paket kebijakan ekonomi yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak memasukkan persoalan tenaga kerja atau buruh dalam kebijakan tersebut.

"Sungguh memprihatinkan jika persoalan rakyat bekerja di dalam maupun luar negeri, tak jadi prioritas dalam paket kebijakan ekonomi Pemerintahan Jokowi," kata Rieke dalam siaran persnya, Jumat (11/9/2015).

Padahal, menurut politisi PDI Perjuangan ini, bulan Desember mendatang, Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN plus enam negara, termasuk India dan Tiongkok yang tenaga kerjanya pasti bakal menyerbu Indonesia yang longgar dalam penegakan hukum ketenagakerjaan.

Selain itu, Rieke juga meminta pemerintah Indonesia melakukan komunikasi internsif dengan Malaysia terkait keberadaan TKI yang jumlahnya jutaan di Negeri Jiran tersebut.

“Jangan hanya buat kesepakatan investasi dan bisnis saja yang diprioritaskan. Mafia perdagangan manusia yang berkedok pengiriman TKI ke Malaysia, pastinya tidak hanya melibatkan sindikat di Indonesia, pastinya juga ada oknum-oknum yang terlibat di Malaysia sendiri,” katanya.

Kasus tenggelamnya kapal yang mayoritas penumpangnya TKI di lepas barat Malaysia dekat Sauh Cape, Kota Pesisir Sabak Malaysia beberapa waktu lalu, harus dijadikan pintu masuk untuk membongkar mafia pengiriman TKI ke Malaysia.

“Peristiwa ini yang harusnya menjadi pintu masuk bagi pemerintah Indonesia untuk membongkar sindikat perdagangan manusia berkedok pengiriman TKI. Tangkap dan adili siapapun yang terlibat, termasuk oknum di tubuh pemerintahan sendiri, pusat maupun daerah,” pungkas Rieke.(yn)

tag: #buruh  #jokowi  #rieke  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement