Berita
Oleh Ilyas pada hari Rabu, 14 Okt 2015 - 19:53:24 WIB
Bagikan Berita ini :
Tragedi Aceh Singkil

Bupati Aceh Barat: Jangan Suka Mengurusi Agama Orang Lain

75kerukunan-antarumat-beragama.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

MEULABOH, ACEH (TEROPONGSENAYAN) - Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, T Alaidinsyah, mengajak seluruh umat muslim menjadikan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriah sebagai momentum yang dapat memperkuat kerukunan hidup beragama di daerah itu.

"Kami berharap Tahun Baru Islam 1437 Hijriah ini menjadi momentum bagi ummat muslim di Aceh Barat untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai sosial dan menjaga perdamaian dan kerukunan, baik sesama muslim maupun antar agama lainnya," katanya, di Meulaboh, Rabu (14/10/2015).

Hal itu disampaikan dalam diskusi sekaligus silaturahmi bersama sejumlah awak media di Aceh Barat yang turut dihadiri sejumlah aparatur pemerintahan setempat, di kediaman pribadinya.

Pada sisi lain, Rabu pagi ini terjadi konflik bernuansa SARA di Kabupaten Aceh Singkil yang menewaskan dua orang, empat terluka serius, dan eksodus ribuan umat minoritas dari sana menuju Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.
Pasalnya, rumah ibadah yang sejatinya rumah penduduk dibakar sekelompok orang yang ingin berlaku onar dengan mengatasnamakan ajaran agama tertentu.

Salah satu pesan Alaidinsyah, "Jangan suka mengurusi agama orang lain maupun kepercayaan orang lain karena Islam juga mengajarkan ummatnya untuk mengamalkan ajaran sesuai perintah dalam Al-Quran, Lakum Dinukum Waliyadin, (bagimu agamamu bagiku agamaku)."

Ia berharap umat Islam terus saling menjaga dan apabila menemukan hal-hal yang memicu permasalahan hendaknya disikapi secara baik, apalagi di kawasan itu telah terbentuk Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB).

"Ada rencana kami akan memanggil semua tokoh lintas agama dan lintas SKPK termasuk Kementerian Agama. Pasca kejadian di Kabupaten Aceh Singkil kondisi kita di Aceh Barat masih sangat kondusif. Saya dengan kepala Polres, komandan Kodim terus berkomunikasi," kata dia. (iy/an)

tag: #kerukunan antar umat beragama  #aceh singkil  #aceh barat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Usulkan Hapus Hak Tagih ke UMK, Darmadi: Bisa Jadi Bukti Bahwa Negara Jadi Perisai Rakyatnya

Oleh Bachtiar
pada hari Sabtu, 17 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Para pelaku usaha Ultra Mikro Kecil (UMK) kerap kali kesulitan menyelesaikan tunggakan saat melakukan pinjaman ke pihak bank, baik bank swasta maupun pelat merah. Imbasnya, ...
Berita

Tak Sesuai Dengan Beberapa UU, TB Hasanuddin Desak Pemerintah Cabut PP 57/2021 Tentang SNP

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengecam terbitnya Pemerintah (PP) No 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam PP ini ...