Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 01 Nov 2015 - 07:25:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri LHK: Wartawan dan LSM di Kalteng Galak-Galak

9SITI_NURBAJA.jpg
Siti Nurbaya (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

PALANGKARAYA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengeluhkan sorotan media dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kalimantan Tengah (Kalteng) terkait kebakaran hutan di wilayah itu.

"Kita komitmen menindak perusahaan pembakar lahan. Apalagi di Kalteng, harus segera diberesin. LSM dan wartawannya galak-galak," kata Siti saat mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke SD Negeri 8 Kota Palangkaraya, Sabtu (31/10/2015).

Dia memastikan Kementerian LHK telah memiliki data lengkap dan terperinci terkait jumlah titik hotspot, lokasi maupun luas lahan maupun hutan yang terbakar akibat perbuatan perusahaan ataupun masyarakat.

Mengenai adanya perbedaan data luas lahan terbakar di Satgas Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) Kalteng dengan Kementerian LHK, dianggap tidak ada masalah karena bergantung metode maupun tradisi penyajian data.

"Kalteng rutin melaporkan data terkait kebakaran lahan dan hutan. Tidak bisa juga punya Kementerian LHK yang benar. Intinya, kita mau menyelamatkan yang besar atau yang kecil-kecil. Itu saja," kata Siti.

Dia menjelaskan, mengenai nama dan jumlah perusahan membakar lahan, baik yang izinnya dicabut ataupun masih terindikasi, telah dibuka Kementerian LHK. Hanya, ada beberapa yang perlu diidentifikasi kebenarannya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Menteri Siti mengatakan, kalau membersihkan lahan dengan cara membakar, sebenarnya merupakan kearifan lokal Kalteng namun banyak komponen yang ikut-ikutan, sehingga harus dihentikan agar bencana kabut asap dapat segera diatasi.

"Intinya kita komitmen menindak perusahaan pembakar lahan. Perlu waktu untuk menindaknya. Tidak perlu khawatir lah," pinta Siti.(yn/ant)

tag: #bencana-asap  #kabut-asap  #kebakaran-hutan  #melawankabutasap  #siti-nurbaya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...