Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 20 Feb 2015 - 22:18:03 WIB
Bagikan Berita ini :
Sebut Bukan Hak Prerogratif

Suding Bilang Mayoritas KIH Nilai Jokowi Melanggar

38sudding (eh) .jpg
Syarifuddin Suding, Anggota Komisi III DPR RI (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mayoritas anggota DPR dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH), menurut politisi Hanura Syarifuddin Suding, menilai Presiden Jokowi menabrak UU Kepolisian. Ini terkait keputusannya membatalkan pelantikan Komjen BG.

"Hampir semua (anggota DPR dari KIH-red) pandangan seperti itu, ini ada potensi pelanggaran," ujar Suding di Jakarta, Jumat (20/2/2015). Menurut Suding, salah satu alasan kuat para politisi KIH adalah Komjen BG sudah disetujui baik dalam fit and proper test Komisi III dan rapat paripurna DPR.

Suding yang juga anggota Komisi III DPR ini menegaskan pemilihan calon Kapolri tidak sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden. Sebab, DPR memiliki peran untuk menetapkan calon yang berhak menjadi nahkoda korps bhayangkara.

"Pemberhentian dan pengangkatan Kapolri itu bukan merupakan hak prerogatif mutlak presiden, karena disitu ada keterlibatan DPR. Sehngga tidak sama seperti Presiden Jokowi mengangkat menterinya," ujar politisi asal Sulawesi Selatan sembari memberikan penegasan kuat.

Menurut Suding, Jokowi seharusnya tetap melantik Komjen Budi Gunawan. Alasannya, mantan ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjabat sebagai Presiden itu sudah disetujui oleh DPR di rapat paripurna. Persetujuan itu juga atas permintaan Presiden Jokowi.

"Presiden Jokowi setelah sudah mendapatkan persetujan dari DPR harus menindaklanjutinya dengan pelantikan. Hak prerogatif presiden itu sebatas hanya mengusulkan nama ke DPR, ketika sudah disetujui DPR maka itu adalah sebuah kewajiban konstitusi," pungkasnya. (ris)

tag: #Suding  #Jokowi  #KIH  #Komjen BG  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...