Berita
Oleh pamudji pada hari Sabtu, 27 Apr 2019 - 10:54:58 WIB
Bagikan Berita ini :

May Day, 20 Ribu Buruh Longmarch ke Istana

tscom_news_photo_1556337298.jpeg
Ilustrasi demo buruh (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sebanyak 20 ribu buruh akan melakukan aksi longmarch dari Bundara HI menuju Istana Negara, guna memperingati
Hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh pada 1 Mei.

Mereka di antaranya adalah Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI). Presiden KASBI Nining Elitos mengatakan, KASBI dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan turun ke jalan untuk melakukan aksi khususnya di wilayah Jabodetabek.

"Kami akan longmarch ke Istana (Presiden). Jumlahnya 20 ribu buruh akan melakukan orasi dengan berbagai macam tuntutan tadi untuk di wilayah Jakarta," ujarnya pada Jumat (27/4/2019) malam.

Nining menambahkan unjuk rasa Hari Buruh ini, juga dilakukan di sejumlah daerah. Di antaranya Subang, Bandung, Cirebon, Indramayu, hingga Batam. Ia menjelaskan dalam aksi itu nantinya para buruh akan menyampaikan orasi menyampaikan sejumlah tuntutan.

Nining menyebut beberapa di antara sepuluh tuntutan tersebut. Pertama, pihaknya meminta Peraturan Presiden (PP) Nomor 78 Tahun 2015 dicabut. Kedua, meningkatkan kualitas kinerja pengawasan.

Kemudian, menuntut penghapusan sistem kerja kontrak outsourcing dan magang. Lalu, menghentikan tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) semena-mena termasuk mengkriminalisasi aktivis buruh di berbagai macam sektor.(plt)

tag: #buruh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...