Zoom
Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 13 Mei 2015 - 09:13:57 WIB
Bagikan Berita ini :

DPD Desak Jokowi Copot Menteri tak Loyal dan Pembangkang

67jokowi-indra.jpg
Jokowi (Sumber foto : Indra/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Desakan untuk segera melakukan reshuffle terhadap kabinet Jokowi-JK kian menguat. Desakan tersebut muncul karena kinerja menteri yang dinilai tidak maksimal.

Senator di DPD RI asal Aceh Fachrul Razi mengatakan, sudah seharusnya Jokowi segera melakukan evaluasi. Sebab sejak dilantik oleh presiden, banyak menteri yang belum menunjukkan kinerjanya seperti yang diharapkan.

"DPD mendukung langkah kebijakan reshuffle kabinet untuk mempercepat realisasi program yang sudah diatur oleh kementerian. Sebagai wakil daerah, DPD melihat pembangunan daerah harus segera dilakukan untuk mencapai target kesejahteraan seperti visi dan misi presiden," ujarnya melalui BlackBerry Messenger kepada TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Fachrul mengingatkan bahwa jargon kabinet kerja yang digadang-gadang oleh pemerintah harus sejalan dengan semangat UUD 1945, dimana untuk menjalankan roda pemerintahan presiden dibantu oleh para menteri.

Oleh karenanya jelas dia, bila substansi membantu presiden sudah tidak ada dalam diri seorang menteri, presiden berhak untuk memberhentikan menteri tersebut.

"Dalam hal reshuffle kabinet kedepan, Jokowi harus lebih selektif dalam memilih calon menteri yang profesional lebih ideal dalam menjalankan program kebijakan pemerintah," tukas dia.

Ini disebabkan karena menteri dalam menyusun program akan menekan praktik balas budi politik yang selama ini menyandera kabinet Jokowi.

Maka sudah selayaknya kata dia, sesuai dengan UU No. 39 Tahun 2008 Tentang Kementrian Negara, syarat yang harus dimiliki oleh menteri adalah integritas dan kepribadian yang baik, bukan yang tidak loyal dan suka membangkang.

"Dalam hal ini sudah jelas bahwa menteri harus sepenunya loyal kepada presiden, bukan kepada partai pengusung yang berkoalisi dengan partai penguasa," tandas dia.

Selain itu, kata dia, proporsi keterwakilan daerah dalam kebinet untuk keseimbangan politik harus diperhatikan oleh Jokowi.

"Belajar dari pengalaman yang lalu ada daerah yang menarik dukungan kepada presiden karena ada putra daerah yang dianggap layak untuk jadi menteri malah tidak terakomodir," jelasnya. (iy)

tag: #reshuffle kabinet  #jokowi  #dpd ri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...