Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 14:40:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Gabung ke TPP, Jokowi Dikritik Keras Politisi PDIP

78DISKUSI EKOMONI ERA JOKOWI-JK 8.jpg
Effendi Simbolon (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergabung ke dalam koalisi negara-negara pasifik (Trends Pacific Partnership/TPP) dinilai sudah keluar dari Nawacita yang telah digembar-gemborkan pada saat kampaye dahulu.

"Saya sangat prihatin kebijakan Jokowi-JK ini liberal. Kalau sudah seperti itu sangat bertentangan dengn Trisakti dan Nawacita tidak ada lagi kedaulatan," kata politisi PDIP Effendi Simbolon di kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (29/10/2015).

Tak hanya khusus terkait keinginan bergabung ke TPP, sebut Effendi, banyak program yang dikeluarkan pemerintah Jokowi-JK sudah melenceng dari janji awal ketika kampanye dulu.

"Saat ini bisa dilihat banyak kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan di pemerintahan Jokowi sudah sangat mengarah ke liberal, ini sudah keluar dari Nawacita," ucapnya.

Kendati demikian, anggota Komisi I DPR RI ini menyakini bahwa Jokowi telah melakukan pemikiran yang matang sebelum bergabung dengan TPP.

"Persolannya adalah kalau Indonesia mau masuk harus berhitung juga apakah kita jauh lebih besar produk unggulannya yang kita pasarkan di 12 negara itu, atau sebaliknya kita hanya dijadikan pasar untuk barang-barang dari 12 negara tersebut," tandasnya.

Untuk diketahui, TPP adalah sebuah blok perdagangan bebas Asia-Pasifik yang dirancang oleh Amerika Serikat dan melibatkan 11 negara lainnya (Australia, Jepang, Selandia Baru, Kanada, Meksiko, Singapura, Chile, Malaysia, Peru, Brunei Darussalam, dan Vietnam).(yn)

tag: #tpp  #jokowi  #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...