Bisnis

Mentan: Harga Bawang Putih Paling Mahal Rp30 Ribu Per Kilogram

Oleh Fitriani pada hari Minggu, 05 Mei 2019 - 13:42:20 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1557038540.jpg

Bawang putih (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA  (TEROPONGSENAYAN)  --  Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman pada pagi ini melakukan tinjauan dan operasi pangan di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Jakarta. Pada kesempatan itu, Amran sekaligus menetapkan harga bawang putih di seluruh Indonesia paling tinggi per kilogramnya Rp30 ribu. 

Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja periode 2014–2019 tersebut menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas (ratas) kemarin telah menginstruksikannya untuk turun langsung mengecek ke lapangan berbagai harga komoditas strategis, khususnya bawang putih.

Dia melaporkan, stok bawang putih saat ini telah mencapai 100 ribu ton, atau dua kali lipat dari kebutuhan pasar saat ini yang sebesar 50 ribu ton. Oleh sebab itu, ia pun meminta kepada seluruh importir bawang putih untuk menurunkan harga jual dari Rp46 ribu menjadi Rp25-Rp30 ribu per kg.

"Kami sudah siapkan stok dua kali lipat 100 ribu ton. Jadi tidak ada alasan harga bergejolak. Kami berikan target harga bawang putih maksimal 30 ribu per kg. Antara Rp25-Rp30 ribu per kg. Tidak boleh melewati itu," ujar Mentan Amran di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Selain itu, Amran menegaskan, bagi importir yang melanggar kesepakatan tersebut, pemerintah akan memasukannya ke dalam daftar hitam dan melarang mendatangkan bawang putih dari luar negeri.

"Siapa-siapa yang telah menandatangani tadi tidak berkomitmen, urusannya ini panjang. Kami pastikan kami sudah sepakat. Dia juga bersedia untuk di-blacklist jikalau melanggar, tidak lagi mengimpor bawang putih," tegasnya. (ahm)

tag: #  

Bagikan Berita ini :