Opini
Oleh Dr. Syahganda Nainggolan, MT [Direktur Sabang Merauke Ciecle (SMC)] pada hari Senin, 06 Mei 2019 - 14:53:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Marhaban Ya Ramadhan

tscom_news_photo_1557129342.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Twitter Jokowi)

Hari ini, pagi tadi, saya menyusuri jalan lenteng agung, ring-road Simatupang,Kemang dan Brawijaya, antar anak ke rumah kawannya,sepi. Jalan lenggang. Hari pertama bulan suci Ramadhan.

Seperti kata Jokowi dalam tweeter nya, pilihan masyarakat Muslim H-1 Ramadhan mereka Ziarah atau Silaturahim ke keluarga besar atau belanja kebutuhan pokok. Atau tentu bisa kombinasinya. Wajar setengah penduduk Jakarta masih di luar kota. Atau mungkin penduduk Botabek belum masuk ke Jakarta. Jakarta sepi.

Tiga pilihan yang disebutkan Jokowi memang sudah menjadi tradisi rakyat kita. Bagi yang tidak masuk dalam tradisi ini membutuhkan penjelasan, kenapa kita tidak ziarah?Kenapa tidak Silaturahim ke keluarga besar bermaaf maafan?Kenapa tidak belanja persiapan Ramadhan?Itu logika yang harus jadi pertanyaan.

Prabowo misalnya tentu tidak akan Ziarah ke makam ibunya karena ibunya beda agama. Kenapa tidak ke makam ayahnya? mungkin saja tidak ada tradisi
itu dalam keluarga dia selama ini. Kenapa Prabowo tidak ke kampung halamannya? Silaturahim dengan keluarga besarnya? Catatan sejarah keluarga besar Prabowo ada di Jakarta dan umumnya beda agama dengan Prabowo, sehingga tradisi silaturahim jelang puasa tidak ada.

Bagi keluarga seperti Prabowo umumnya silaturahim terjadi atau tradisi di Idhul Fitri. Seperti saya, ibu saya yang semua keluarganya Kristen, tradisi silaturahim kepada dia, ketika masih hidup,pada saat Idul Fitri. Ibu saya membalasnya pada saat tahun baru. Jadi tradisi silaturahim sesama keluarga menjelang bulan puasa sangat sakral untuk seagama saja.

Menariknya tentang Jokowi adalah memilih jalan jalan ke Mall. Bukan diantara tiga pilihan yang dia sampaikan kepada rakyatnya. Apakah artinya Jokowi sudah melakukan nyekar (Ziarah) sebelum ke Mall? Atau ke keluarganya silaturahim?

Jika Jokowi ber silaturahim kepada keluarga besarnya atau sudah nyekar alias Ziarah ke kampung halamannya baru ke Mall Botani Square di Bogor, tentu kultur yang dilakukan Jokowi sesuai dengan ekspektasi atas pertanyaannya pada kita dalam tweeter tersebut. Jika tidak, maka Jokowi mungkin menawarkan kultur baru agar menjelang Ramadhan sebaiknya kita meneladani dia, jalan-jalan ke Mall.
Atau setidaknya ada empat kemungkinan rakyat kita lakukan menyambut Ramadhan : 1) Ziarah, 2) Silaturahim kepada keluarganya, 3) Belanja kebutuhan pokok dan ke 4) jalan2 ke Mall.

Namun,saya,jika rezeki beli tiket peswat selalu ada, akan memilih Ziarah ke makam Ibu saya. Berdoa untuknya. Karena doa2 anak Soleh itu (semoga) yang mungkin membuat ibu kita bahagia di alam lain.

Marhaban Ya Ramadhan (*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #jokowi  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Kode Sri Mulyani dan Risma saat Sidang MK

Oleh Anthony Budiawan - Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies)
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sri Mulyani (dan tiga menteri lainnya) dimintai keterangan oleh Mahkamah Konstitusi pada 5 April yang lalu. Keterangan yang disampaikan Sri Mulyani banyak yang tidak ...
Opini

Tersirat, Hotman Paris Akui Perpanjangan Bansos Presiden Joko Widodo Melanggar Hukum: Gibran Dapat Didiskualifikasi?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --1 April 2024, saya hadir di Mahkamah Konstitusi sebagai Ahli Ekonomi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2024. Saya menyampaikan pendapat Ahli, bahwa: ...