Berita
Oleh pamudji pada hari Rabu, 08 Mei 2019 - 17:13:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Penyebab Kematian Petugas KPPS Bukan Semata Faktor Kelelahan

tscom_news_photo_1557310394.jpeg
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menegaskan, kematian petugas KPPS bukan semata karena kelelahan. Petugas KPPS di wilayah DKI Jakarta sudah mengidap penyakit berat sebelum bertugas.

"Dari data 18 orang di Jakarta, diketahui penyebab meninggal dunia 8 (orang karena) infark miokard atau sakit jantung mendadak kemudian gagal jantung, liver, stroke, gagal pernafasan, dan infeksi otak meningitis," kata Nila dalam jumpa pers yang dilakukan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Audit medis dilakukan dengan mengecek riwayat kesehatan seseorang. Audit ini baru rampung dilakukan di Jakarta dan akan dilakukan di daerah lain. Namun Kemenkes belum bisa memastikan tenggat waktu audit medis ini dilakukan.

Lebih lanjut Nila menuturkan bahwa kelelahan memang memegang peran besar dalam kejadian ratusan petugas KPPS meninggal dunia. Namun faktor hidup tidak sehat menjadi faktor utama dalam kasus ini.

"Memang sebelumnya ada penyebab-penyebabnya, tapi ini yang tidak bisa ketahui. Kalau dari angka riset kami, keluarga sehat di Indonesia hanya 16,8 persen," tuturnya.

Terkait jumlah petugas KPPS yang terus bertambah, Nila menyampaikan Kemenkes mengambil keputusan untuk menerjunkan petugas ke setiap tempat rekapitulasi suara di masa yang tersisa.

"Bapak Dirjen Pelayanan Kesehatan sudah kasih surat edaran kepada 34 provinsi, ke kepala dinas kesehatan, agar membantu pengawasan kesehatan para petugas pemilu dan kami meminta laporan dari data yang ada di provinsi," ucap dia.(plt)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...