Berita
Oleh pamudji pada hari Rabu, 22 Mei 2019 - 06:01:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Prabowo Menggugat ke MK, Jimly: Siapa Tahu Pintu Keadilan Terkuak

tscom_news_photo_1558479665.jpeg
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menyatakan, gugatan kubu Prabowo-Sandi ke MK merupakan langkah yang tepat untuk mencari kebenaran dari proses pemilu. Pintu keadilan pun bisa dibuka melalui mekanisme ini.

"Saya imbau jangan ada lagi orang yang mengecilkan bahwa pembuktiannya sulit. Jangan begitu, jangan menutup harapan orang yang mencari kebenaran," ujar Jimly di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Jimly, langkah yang ditempuh Prabowo justru menunjukkan ada permasalahan dalam proses pelaksanaan pemilu di Indonesia. Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa hasil akhirnya tetap menjadi kewenangan hakim MK.

"Soal benar atau salahnya biar sembilan orang (hakim) yang memutuskan. Beri dulu kesempatan, siapa tahu ada pintu keadilan dan kebenaran yang terkuak dari pengungkapan fakta di lapangan menurut versi masing-masing," katanya.

Sebaliknya, jika langkah ke MK tak ditempuh Prabowo-Sandi, Jimly khawatir hal itu justru menimbulkan masalah jangka panjang bagi bangsa Indonesia. Karena itu, caleg DPD ini mendukung penuh upaya Prabowo-Sandi sebelum nantinya kedua calon melakukan upaya rekonsiliasi.

"Jadi sesudah pemilu selesai kita tetap harus rekonsiliasi. Tapi syaratnya harus diungkap dulu fakta-fakta," ucap Ketua ICMI ini.

"Biarlah pemenang dan kalah sama-sama terhormat. Itu sesuai budaya politik demokrasi pancasila," imbuhnya.(plt)

tag: #mahkamah-konstitusi  #jimlyasshiddiqie  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Refly Sebut Gatot Dicopot Dari Panglima TNI Karena Berpotensi Jadi Presiden

Oleh Givary Apriman
pada hari Jumat, 25 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun turut merespon pencopotan Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dari kursi Panglima TNI.  Refly mengatakan kalau pencopotan ...
Berita

Dapat Nomor Urut 2, Ketua Timses Yakin Azizah-Ruhama Akan Menang

SERPONG (TEROPONGSENAYAN) --Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah-Rihanna Ben resmi mendapatkan nomor urut 2 sebagai peserta kontestasi pemilihan kepala daerah ...