Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:22:36 WIB
Bagikan Berita ini :

PKB Ajukan 28 Gugatan PHPU ke Mahkamah Konstitusi

tscom_news_photo_1558758156.jpg
Wakil Sekjen DPP PKB Nihayatul Wafiroh (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengajukan 28 gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Wakil Sekjen DPP PKB Nihayatul Wafiroh, gugatan itu terdiri atas perkara caleg tingkat DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

DPR lima gugatan, DPRD provinsi tujuh gugatan dan DPRD Kabupaten/Kota 16 gugatan. Total 28 gugatan," kata Nihayatul dalam keterangannya, Jumat (24/4/2019).

Nihayah menyebut gugatan yang dimasukan ke MK baik yang sengketa gugatan antarcaleg PKB maupun caleg PKB dengan caleg partai lain. Adapun dapilnya berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Maluku, Maluku Utara, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jambi, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

"Setelah semua permohonan gugatan diterima MK, saat ini PKB sedang melengkapi daftar berkas atau alat bukti yang diperlukan, sesuai petunjuk MK. Kami yakin, berbekal daftar alat bukti yang kuat, valid dan tim pengacara yang profesional dan berpengalaman menangani perkara pemilu dan pilkada, insyaallah kami bisa memenangi gugatan," ujar Nihayah.

Dia yakin MK akan mengabulkan gugatan PKB, sehingga PKB punya peluang menambah perolehan kursi DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Menurut perhitungan internal, saat ini PKB sudah meraih sebanyak 58 kursi DPR RI, 182 kursi DPRD Provinsi dan 1564 kursi DPRD Kabupaten/Kota.(plt)

tag: #pkb  #mahyudin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...