Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 10 Jun 2019 - 12:27:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebelum PAN-Demokrat Gabung Jokowi, Golkar Ajukan Tiga Prinsip Ini

tscom_news_photo_1560144476.jpeg
Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Partai Golkar mengajukan tiga prinsip yang harus dipahami oleh PAN dan Partai Demokrat sebelum bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi-Ma"ruf Amin.

Prinsip pertama, seperti dikatakan Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, adalah pemahaman bahwa dibutuhkan persatuan dan kebersamaan dalam membangun bangsa.Oleh karena itu, semakin banyak yang memberikan dukungan terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf untuk lima tahun ke depan semakin baik.

"Kita juga harus terus mempertahankan tradisi demokrasi yang baik dan sehat. Betul memang pada saat Pilpres, kita semua diberi kesempatan untuk berkompetisi, tapi setelah terpilih pemenangnya, siapapun itu, semua harus menerima dengan lapang dada," kata Doli saat dihubungi, Senin (10/6/2019).

Menurut dia, tidak ada lagi TKN, BPN, tim sukses, dan relawan.

"Yang ada adalah bahwa Jokowi-Ma’ruf adalah Presiden dan Wakil Presidennya seluruh rakyat Indonesia," ujar dia.

Prinsip kedua, lanjut Doli, bahwa pemerintahan menganut sistem presidensial. Dalam menyusun pemerintahan ke depan tentu menjadi hak preogratif Jokowi sebagai presiden.

"Ketiga, karena di dalam sebuah kompetisi demokrasi terbangun adanya pengelompokan berdasarkan visi, platform, dan “kontribusi” perjuangan bersama, maka di dalam menyusun pemerintahan pasca
kompetisi harus juga memenuhi prinsip keadilan dan keseimbangan," kata dia.

Prinsip ini, kata Doli, harus menjadi dasar pembahasan antara Jokowi bersama para ketua umum partai politik pengusung terlebih dahulu. Baru kemudian masuk pada pembahasan terhadap oartai politik yang ingin bergabung pascapilpres.

"Sejauh dicapai kesepahaman-kesepahaman dan komitmen bersama, pastilah kehadiran Demokrat dan PAN akan diterima dengan baik. Dan perlu diingat bahwa koalisi di dalam sebuah pemerintahan itu bukan hanya berada di dalam kabinet, tapi juga di parlemen," ucap Doli.(plt)

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...