Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 10 Jul 2019 - 12:41:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi II Minta Data Dukcapil Jadi Rujukan Pemilu

tscom_news_photo_1562737304.jpg
Data kependudukan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Komisi II DPR RI mengevaluasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menyarankan agar data kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) dijadikan sumber rujukan utama untuk pemilu yang akan datang.

"Saya pribadi cenderung kepada data yang didapat dari Ditjen Dukcapil, karena perekaman e-KTP kita sudah hampir 95 persen. Jadi gunakan data yang mahal ini untuk semua kegiatan khususnya Pemilu," kata Mardani di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Saat ini ada dua sumber data untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), menurut politisi Fraksi PKS itu, dari kedua sumber tersebut terkendala dalam masalah agregasi, maka sebaiknya pemilu yang akan datang lebih baik fokus pada satu sumber data.

"DPT ini segera diselesaikan. Dua sumber data, satu dari Ditjen Dukcapil dan satu lagi hasil dari coklit (pencocokan dan penelitian) KPU. Memang dua sumber data ini mengagregasinya tidak mudah. Karena itu dari masukan yang berkembang, segera tetapkan salah satu sumber," ungkapnya.

Pada pemilu lalu, proses pemutakhiran data pemilih terus mengalami perbaikan. Bahkan DPT mengalami perbaikan sebanyak 3 kali. Penetapan DPT Hasil Perbaikan III (DPTHP III) baru dilakukan pada tanggal 8 April 2019 atau 9 hari menjelang pemungutan suara. (ahm)

tag: #ektp  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dikabarkan Terpapar Covid-19, Kapolri: Saya Lagi Badminton Nih

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 01 Des 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memastikan pihaknya dalam keadaan sehat walafiat di tengah isu dirinya tertular COVID-19. "Hahaha... saya sehat sehat ...
Berita

KPK Akan Usut Ngabalin Jika Ada Aliran Dana Kepadanya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siapa saja bisa diperiksa terkait kasus dugaan suap izin ekspor bibit lobster yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy ...