Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Kamis, 11 Jul 2019 - 07:39:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Banyak Jemaah Lansia, Petugas Kesehatan Haji Diminta Fokus

tscom_news_photo_1562805583.jpeg
Jemaah Haji (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengatakan, terdapat lebih dari 4.200 petugas Haji yang akan memberikan layanan dalam Pelaksanaan Ibadah Haji 1440 H/2019 ini.

Dari jumlah tersebut, petugas kesehatan mendominasi lebih dari 60 persen, dimana komposisi risiko tinggi setiap kloternya tidak boleh melebihi 30 persen. Apalagi jemaah Haji banyak berusia lansia, sehingga memerlukan perhatian dan penanganan risiko tinggi.

"Komposisi resiko tinggi mencapai 10 persen dengan tidak boleh melebihi 30 persen tiap kloternya, karena menyangkut masalah pelayanan," kata Ali di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dari setiap kloter jemaah Haji, terdapat 5 orang petugas Haji yang terdiri atas satu orang dokter, dua orang perawat, ketua kloter dan pembimbing Haji masing-masing satu orang.

Dengan pembagian tugas yang matang ini, Ali menilai,tidak akan ada jemaah Haji yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal.

"Kita harap petugas memahami tugas pokok dan fungsinya, tidak semata-mata bertugas tetapi tupoksi itulah yang kita dorong dengn sebaik-baiknya. Harus ikhlas lah, sabar lah, dan baik sangka-lah dalam menolong jemaah Haji supaya mereka mendapat jaminan perlindungan, pelayanan, dan pembinaan dengan sebaik-baiknya dan bisa berjalan secara maksimal," paparnya.

Tidak hanya itu, legislator daerah pemilihan Banten ini juga mendukung pemberlakukan fast track atau layanan dini imigrasi jemaah Haji dari Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada tahun ini.

Menurutnya, semua jemaah Haji seharusnya diberikan pelayanan fast track, karena jemaah ini datang hanya untuk ibadah, bukan mencari pekerjaan sebagaimana kekhawatiran pihak imigrasi.

"Nanti akan kita bicarakan. Kalau bisa semua tamu (jemaah) tidak usah pemeriksaan berbelit-belit. Begitu datang langsung bisa dicek dan kalau bisa sudah dilayani imigrasinya sejak di udara, sehingga begitu datang siap berangkat," tuturnya.(plt)

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...