Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 11 Jul 2019 - 19:43:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Nasdem Tegaskan Tak Terkait Kasus Gubernur Kepri

tscom_news_photo_1562849030.jpeg
Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menegaskan, kasus operasi tangkap tangan (OTT) Gubernur Kepri Nurdin Basirun tak terkait dengan Partai Nasdem. Nurdin merupakan Ketua DPW Partai Nasdem Kepri.

"Ini tindakan perorangan. Makanya kami harus menegaskan, kalau tindakan perorangan, maka ada reward dan punishment terhadap perorangan. Lain halnya kalau partai tidak mengambil langkah apa-apa bahkan mendukung, nah itu berbeda. Kalau kami tidak mendukung," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Di AD/ART partai besutan Surya Paloh itu, kata Johnny, setiap kader menandatangani fakta integritas di atas materai.

"Yang tidak bisa kami tolerir itu terkait dengan tiga tindak pidana. Tindak pidana korupsi, tindak pidana narkotika obat terlarang dan psikotropika, dan tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak," kata Johnny.

Jika tiga unsur itu dilanggar oleh setiap kader maka, kata dia, partai tidak menolerir. Namun untuk proses pemecatan, kata Johnny, partai akan melakukan investigasi terlebih dahulu untuk mencari kebenaran.

"Karena pemberhentian pemecatan itu menjadi kewenangan kami yang sudah diberikan kewenangannya oleh surat pernyataan tersebut. Tetapi dalam menggunakan kewenangan itu, kami harus melakukan proses juga yang akuntabel, untuk mencari informasi yang benar," kata dia.

Jangan sampai, kata Johnny, prosesnya tidak akuntabel. Sebab, sebagai penyelenggara negara juga harus dilakukan secara akuntabel, termasuk oleh KPK.

"Jangan sampai prosesnya nanti dilihat sebagai satu orkestrasi yang enak ditonton, lalu hasil akhirnya tidak berdampak signifikan. Masih banyak kasus-kasus besar yang melibatkan jumlah uangnya signifikan. (Ini) harus juga menjadi perhatian KPK secara serius yang ditunggu oleh publik," ujar dia. (plt)

tag: #partai-nasdem  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

DPR: PLN Rampok Uang Rakyat Melalui Tagihan Listrik

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 06 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tagihan listrik beberapa hari terakhir jadi pembicara publik. Kenaikannya dinilai di luar kewajaran, hingga mencapai 400% persen. Kenaikan yang besar itu mengundang ...
Berita

Advokat Muda Ini Desak Pemprov DKI Jakarta Ubah Pengecualian SIKM

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sejumlah kalangan advokat mengaku resah dengan kebijakan SIKM yang tertuang dalam surat edaran dari pemerintah provinsi DKI Jakarta yang ditandatangani Sekda Pemprov DKI ...