Berita
Oleh fitriani pada hari Selasa, 16 Jul 2019 - 17:13:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Tolak Raperda RZWP3K, Amuk Bahari Geruduk Gedung KKP

tscom_news_photo_1563271995.jpg
Aksi Aliansi Masyarakat Untuk Kedaulatan (AMUK) Bahari di Gedung KKP, Jakarta Pusat, Selasa (16/07/2019) (Sumber foto : Pandji_TeropongSenayan)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aliansi Masyarakat Untuk Kedaulatan (AMUK) Bahari, yang terdiri atas sejumlah organisasi masyarakat sipil di Indonesia menggeruduk gedung Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP) guna berunjukrasa menolak Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Nelayan Muara Angke, Rois Akbar (23) mengatakan, alasan utama RZWP3K harus ditolak lantaran melegitimasi sekaligus melanggengkan perampasan ruang hidup masyarakat pesisir di Indonesia melalui sejumlah proyek pembangunan. Perampasan tersebut sudah terjadi di sejumlah daerah, diantaranya reklamasi, pertambangan pasir dan migas, industri pariwisata berbasis utang, serta konservasi berbasis utang. Selain itu juga perkebunan kelapa sawit dan pembangunan infrastruktur untuk pelabuhan serta industri maritim.

"Pada saat yang sama, Muara Angke, yang asalnya kawasan pemukiman nelayan akan dijadikan kawasan pelabuhan, dan juga pembangunan break water banyak meresahkan masyarakat," ujar Rois, saat melakukan unjuk rasa, di kawasan Gedung KKP, Jakarta Pusat, pada Selasa (16/07/2019).

"Tak hanya itu, pemukiman nelayan di Kamal Muara dialokasikan untuk kawasan industri maritim. Perda Zonasi DKI Jakarta akan menjadi alat legitimasi untuk proyek reklamasi Teluk Jakarta," imbuh Rois.

Dikatakan Rois, sampai pertengahan 2019, RZWP3K telah disahkan menjadi Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di 21 Provinsi. Sejauh ini pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Peraturan Menteri No. 23/PERMEN-KP/2016 aktif mendorong Perda tersebut.

"Jadi masih ada 13 Provinsi lainnya yang masih membahas dan mendiskusikan Raperda Zonasi ini," ucap Rois.(plt)

tag: #reklamasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...